WONOSOBOZONE - Antusiasme warga masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan daerah Kabupaten Wonosobo menunjukkan peningkatan cukup signifikan. Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda), Musyafa ketika ditemui Jum’at (15/1) mengaku di awal tahun 2016 ini, jumlah kunjungan ke perpustakaan bisa mencapai 400 orang dalam sehari. “Jumlah tersebut meningkat dibanding periode yang sama Tahun lalu, dimana kunjungan per hari baru sekitar 200 sampai 300 orang,” jelas Musyafa di sela meninjau persiapan gelar book fair 2016. Ke depan, ia berharap adanya peningkatan jumlah kunjungan tersebut selaras dengan kemajuan pola pikir dan keinginan warga masyarakat Wonosobo untuk mengaplikasikan bacaan, terutama terkait teknologi tepat guna ke dalam kehidupan mereka sehari-hari.

“Kebanyakan pengunjung memang masih lebih memilih bacaan-bacaan fiksi, tapi sebagian dari mereka juga mulai banyak yang membaca buku-buku aplikatif, seperti teknik-teknik wirausaha yang banyak dikoleksi Arpusda,” jelas Musyafa. Pihak Arpusda sendiri, diakui Musyafa masih terus berupaya memperbarui dan memperbanyak koleksi bukunya, agar rujukan ilmu bagi masyarakat juga semakin bervariasi. “Adanya inisiatif untu menggelar book fair 2016 ini juga kami harapkan mampu meningkatkan minat membaca masyarakat Wonosobo, serta mampu mendorong mereka untuk lebih sering ke Perpustakaan,” lanjut Musyafa.

Harapan Musyafa tersebut senada dengan penjelasan salah satu petugas pengelola Perpustakaan , Ripto Hartanto. Menurut Ripto, adanya even-even seperti book fair yang digelar di komplek Arpusda memang biasanya membawa dampak positif yaitu meningkatnya kunjungan. “Biasanya bahkan tembus sampai 1000 orang lebih perhari ketika digelar Book Fair di Arpusda,” beber Ripto. Bagi panitia book fair 2016 sendiri, adanya lonjakan pengunjung ke Arpusda memang menjadi salah satu tujuan dari digelarnya pameran buku yang menghadirkan beberapa produsen buku terkemuka nasional tersebut. Jani Aristanto, ketua panitia book fair 2016 mengakui hal tersebut. “Kami sengaja memilih Arpusda sebagai lokasi Book Fair agar ada sinergi positif, selain mendongkrak kunjungan ke perpustakaan, juga memberikan kemudahan bagi warga masyarakat untuk mencari buku-buku berkualitas,” terang Jani. Book Fair yang digelar mulai 5 Februari mendatang, dan akan berlangsung selama 2 Minggu tersebut, dikatakan Jani akan menyediakan puluhan ribu judul buku yang harganya sangat terjangkau.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top