WONOSOBOZONE - Kejadian gempa yang sempat mengguncang kawasan Dieng Sabtu (2/1) lalu sempat membuat beberapa pengelola biro perjalanan wisata bertanya-tanya. Meski durasi gempa berkekuatan 3,1 skala richter itu hanya berlangsung sekitar 50 detik, banyak wisatawan yang mengaku khawatir mengingat sempat beredarnya himbauan untuk menjauhi objek wisata kawah sileri. Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wonosobo, Agus Purnomo ketika ditemui di kantornya, Senin (4/1) menyebut munculnya berita mengenai gempa Dieng memang sempat membuat was was calon wisatawan. “Berdasar keterangan dari Komandan SAR Kabupaten, gempa tersebut tak berbahaya bagi wisatawan, karena selain tidak ada kerusakan yang muncul, juga tidak berpotensi menimbulkan gas beracun,” jelas Agus.

Karena itulah, kepada para pengelola biro perjalanan wisata, Agus juga telah memberikan informasi, bahwa kawasan Dieng masih aman untuk dikunjungi. “Wisatawan yang hendak ke dataran tinggi Dieng kami imbau untuk tidak membatalkan kunjungannya, karena sampai saat ini pihak terkait juga tak mengeluarkan himbauan apa-apa,” lanjut Agus. Kawasan Dieng sendiri, diakui Agus masih menjadi magnet luar biasa bagi para turis sepanjang masa liburan panjang Natal dan akhir tahun. “Kunjungan ke Dieng saja kami yakini mencapai lebih dari 15.000 orang selama sepekan terakhir,” tutur Agus. Selain Dieng, Agus menyebut objek wisata lain seperti Kalianget dan lubang sewu di Erorejo Wadaslintang juga menjadi destinasi wisata yang cukup diminati pengunjung. “Secara keseluruhan, saya cukup yakin jumlah kunjungan wisatawan ke Wonosobo sepanjang liburan panjang kemarin menembus jumlah 30.000 orang,” pungkas Agus.

Terkait kejadian gempa di Dieng, Komandan SAR Kabupaten, Muhail Effendi menerangkan bahwa gempa berpusat di 7,15 derajat lintang selatan dan 110,07 bujur timur dengan kedalaman diperkirakan mencapai 10 kilometer. “Pusatnya di kawah sileri dan berlangsung tak lebih dari 50 detik, sehingga berdasar pantauan lapangan, memang tidak menimbulkan kerusakan berarti,” terang Muhail.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top