Kadinkes Okie Hapsoro menerima Kaji Banding dari Dinkes Kabupaten Bekasi

WONOSOBOZONE - Memiliki Puskesmas pertama yang terakreditasi secara Nasional membawa konsekuensi logis bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo, yaitu harus siap menerima pihak-pihak dari luar daerah yang ingin belajar dan melakukan kajian. Hal itu terlihat di sepanjang Tahun 2015 lalu, di mana Dinkes Kabupaten Wonosobo menerima tak kurang dari 80 kunjungan Kaji Banding dari berbagai daerah se-Indonesia. "Kami memang membuka pintu lebar-lebar bagi siapapun dan dari manapun yang berkeinginan datang ke Wonosobo, bahkan selama Januari ini saja sudah ada 5 kunjungan" kata Kepala Dinkes, dr Okir Hapsoro ketika ditemui di sela penerimaan rombongan kaji banding dari Dinkes Kabupaten Bekasi, Kamis (28/1).

Menurut Okie, kebanyakan dari rombongan yang berkunjung ke instansinya memang memiliki rasa penasaran terhadap Puskesmas Wonosobo I. "Mereka rata-rata bermaksud untuk melakukan kajian terhadap Puskesmas Wonosobo I, yang oleh Pemerintah Pusat dinobatkan sebagai yang pertama diakreditasi dari sisi manajemen administrasinya,"  beber Okie. Selain di puskesmas Wonosobo I, menurut Okie, kunjungan juga ditujukan untuk mempelajari sistem pelayanan di Puskesmas Garung dan pelayanan rawat inap di Puskesmas Selomerto I. "Ketiga puskesmas tersebut selama ini menjadi satu paket kajian, termasuk untuk rombongan dari Kabupaten Bekasi ini," lanjut Okie.

Dalam setiap penerimaan Kaji Banding, Okie mengaku berupaya menjelaskan bahwa peningkatan layanan kesehatan di Wonosobo memang dilakukan secara simultan. "Diperolehnya akreditasi bukan menjadi akhir dari upaya tersebut, dan malah menjadi titik tolak bagi langkah kami untuk mewujudkan derajat kesehatan secara komprehensif bagi seluruh masyarakat," katanya. Sasaran dari peningkatan layanan, termasuk dengan menggunakan sistem kesehatan daerah (Siskesda), dikatakan Okie adalah untuk menekan resiko-resiko yang potensial terjadi, termasuk angka kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

Apa yang dikemukakan Okie tersebut selaras dengan tujuan kaji banding rombongan Dinkes Kabupaten Bekasi. Seperti dikatakan Kadinkes Bekasi, dr Muharman SpJP, FIHA, yang menyebut bahwa kedatangan pihaknya memang untuk belajar banyak tentang Siskesda. "Kami juga berencana untuk membawa Puskesmas di Kabupaten Bekasi agar memiliki sistem layanan dan manajemen seperti di Wonosobo," terang Muharman. Selama 3 hari berada di Wonosobo, Muharman mengaku akan membagi 3 tim untuk diterjunkan ke Puskesmas Wonosobo I, Selomerto I dan Puskesmas Garung.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top