WONOSOBOZONE - Penjabat Bupati Wonosobo, Satriyo Hidayat, meminta kepada Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Wonosobo, untuk membina dan memantau terhadap Koperasi jadi-jadian atau koperasi yang tercatat tetapi tidak aktif.

            Hal ini disampaikan Satriyo saat membuka Musyawarah Daerah ( Musda) dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekopinda yang didampingi Ketua Dekopinwil (Dewan Koperasi Indonesia Wilayah) Jawa Tengah, Warsono, Ketua Dekopinda Kabupaten Wonosobo, Muchammad Sjahid, dan Kepala Kantor Koperasi dan UMKM Kabupaten Wonosobo, Agus Suryatin, di Ruang Mangoen Koesoemo Setda Kabupaten Wonosobo, Selasa (12/01).

            Satriyo menyampaikan data koperasi di wilayah Kabupaten Wonosobo di tahun 2015 tercatat sebanyak 368 koperasi. Dari data tersebut tercatat yang masih aktif sebanyak 215 koperasi, atau 58,4%. Hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Dekopinda untuk mengambil bagian terdepan dalam menyukeseskan gerakan koperasi, kearah kehidupan koperasi yang sesuai prinsip-prinsip dan azaz koperasi. Dalam konteks ini menurutnya, kedudukan Dekopinda sangat strategis, sebagai wadah perjuangan cita-cita, nilai-nilai dan prinsip-prinsip koperasi yang ujungnya mampu menggali potensi yang ada melalui fungsi dan tugasnya.

            Ketua Dekopinwil Jateng, Warsono, menyampaikan bahwa sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas dan eksistensi koperasi, Dekopinda perlu melakukan empat hal, yakni menampung, menyampaikan dan membawa aspirasi koperasi. Selanjutnya menyadarkan atau menganalkan jatidiri koperasi, meningkatkan sumber daya manusia koperasi serta mendorong menciptakan kerjasama baik antar koperasi maupun kerjasama dengan non koperasi.

Terkait hal ini, diharapkan kedepan melalui Dekopinda Kabupaten Wonosobo, bisa menjadi mitra strategis dalam gerakan koperasi di masa yang akan datang dan kehidupan berkoperasi bisa menjadi budaya bagi seluruh masyarakat Wonosobo.

Sementara Kepala Kantor Koperasi dan UMKM Kabupaten Wonosobo, Agus Suryatin, menyampaikan Musda juga dilaksanakan untuk memilih kepengurusan Dekopinda Kabupaten Wonosobo periode tahun 2016-2020.

Terpilih kembali sebagai ketua, Muchammad Sjahid, dengan wakil ketua Ngadidjo, serta beberapa ketua bidang. Untuk Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan dijabat Achmad Muhasim, Ketua Bidang Diklat dan Kelembagaan Rochmadi, Ketua Bidang Advokasi dan Sosialisasi Sudiyono, Ketua Bidang Ketahanan Pangan, Maritim, Industri dan Perdagangan Budiyono dan Ketua Bidang Permodalan dan Jasa Keuangan Taryono.

Kepada pengurus yang baru Agus berpesan, agar segera menyusun program kerja dan pemilihan SDM organisasi yang mampu memetakan strategi-strategi yang bisa menangkap potensi peluang dan perluasan akses atau jejaring dalam upaya meningkatkan peran dan fungsi koperasi di masa global.

Apalagi saat ini sejalan dengan perkembangan dan kedudukan Wonosobo sebagai daerah destinasi wisata, sekaligus daerah dengan kegiatan perdagangan, ekonomi, budaya, dan pendidikan, yang mana konsekuensi logisnya menjadi pusat perwakilan lembaga ekonomi dan keuangan regional, sehingga peredaran uang di daerah ini juga tentu lebih besar dari daerah lain yang setara di Jawa Tengah. Bahkan di kabupaten ini pula tumbuh dengan subur lembaga ekonomi koperasi berbasis syariah berskala nasional. 

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top