Abdul Munir saat menyerahkan hasil kejuaraan

WONOSOBOZONE - Kontestan asal Jakarta mendominasi juara dalam kontes Sansevieria bertajuk kontes sanseveria special “sweet memories” tingkat nasional yang digelar Minggu, 24 Januari di halaman Pendopo Kabupaten.

Dari 10 kelas yang dilombakan, kontestan asal Jakarta memenangkan 4 kelas. Mey ASC sukses menjadi yang terbaik di kelas madya round leaf (max 30 cm) kategori kelas hybrid, mengungguli peserta asal Surabaya, Wonosobo dan Solo, yang masing-masing menjadi juara 2,3 dan 4.

Kontestan lain Dewi Gadafi MSC sukses menjadi juara di kelas variegata madya mix (max 30 cm) kategori kelas variegata. Di kelas ini ia sukses mengungguli kontestan asal Surabaya, Wonosobo dan Cimanggis. Sedang Kinas ASC sukses menjuarai dua kelas, yakni kelas madya flat leaf (max 25 cm) kategori kelas hybrid dan kelas mini size (max 12 cm) kategori kelas non variegata.

Sementara kontestan asal Cimanggis, sukses menjadi juara di tiga kelas, yakni kelas small flat leaf (max 15 cm) kategori kelas hybrid, kelas variegata small b (max 15 cm) kategori variegata dan kelas utama mix (30 cm up) kategori kelas non variegata.

Sisanya diraih Paswima asal Madiun yang sukses menjuarai kelas small round leaf (max 15 cm) kategori kelas hybrid, dr. Rudy TSC asal Tangerang berhasil menjuarai kelas variegata small A (max 7 cm) kategori kelas variegata dan Wahyu PS asal Kediri yang menjuarai kelas variegata aurea dan ekstrim kategori kelas variegata. Atas keberhasilannya ini, masing-masing berhak memperoleh uang hadiah senilai satu juta rupiah.

Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Kabupaten Wonosobo, Abdul Munir, di sela penyerahan hadiah berharap agar para peserta kontes sansevieria yang menjadi juara tidak cepat puas dengan hasil yang telah diperoleh. Mereka diminta tetap fokus dan terus berupaya meningkatkan kualitas tanaman hias sansevieria, sehingga bisa diperoleh varian-varian dan bentuk-bentuk baru dari jenis tanaman hias ini.

Yang terpenting menurut Abdul Munir, hobi ini bisa ikut mendorong perekonomian masyarakat melalui diseminasi informasi dan tata perawatan tanaman temasuk proses pemasarannya. Dan mereka diminta untuk ikut menstabilkan harga jual tanaman hias jenis sansevieria. Jangan sampai setelah banyak masyarakat yang membudidayakan jenis tanaman ini, harganya jadi turun atau tidak laku di pasaran.


0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top