Diyono bersama Lurah dan Ketua RT menunjukkan longsoran

WONOSOBOZONE - Sebuah senderan sepanjang hampir 20 meter di Dusun Kemiri, RT 02 RW 08 Kelurahan Pagerkukuh, Kecamatan Wonosobo, Rabu malam (20/1) longsor. Akibat longsornya senderan tersebut, gudang di rumah milik Diyono (55) pun lenyap beserta barang-barang rongsokan miliknya. Apabila tak segera diperbaiki, longsornya senderan itu bahkan mengancam rumah berdinding kayu tersebut. Diyono sang pemilik rumah mengaku hanya bisa pasrah menghadapi musibah yang datang tiba-tiba tersebut, dan berharap Pemerintah secepatnya mengulurkan bantuan untuk perbaikan senderan penopang rumahnya. Ketika ditemui Kamis siang (21/1), Diyono menjelaskan kronologis musibah yang terjadi sekitar pukul 20.00 WIB tersebut.

“Kejadiannya berlangsung cepat dan saya bahkan tak menyadari apabila ternyata lantai tanah di gudang sebelah kanan rumah sudah ambles,” terang Diyono. Mbah Surip, Ketua RT setempat yang tinggal tepat di bawah rumah Diyono membenarkan kejadian musibah tersebut. Menurut Surip, ia bahkan hampir saja tertimpa longsoran karena pada saat bersamaan tengah pulang ke rumah dan memarkir motor beberapa meter dari senderan. “Beruntung motor saya tidak sampai tertimpa tanah longsoran dan anak saya yang tengah berada di luar rumah juga selamat,” beber Surip. Segera setelah kejadian, Surip pun langsung mengumpulkan warga sekitar untuk bergotong royong membersihkan tanah dan bongkahan senderan. “Pekerjaan membersihkan tanah longsoran yang sempat menutup jalan desa baru selesai pada pagi hari tadi,” lanjut Mbah Surip.

Kejadian longsornya senderan di Dusun Kemiri, dikatakan Lurah Pagerkukuh Purdianto, bukanlah kejadian pertama kali. “Kontur tanah perbukitan di Dusun Kemiri memang memiliki kerawanan dan potensi longsor cukup tinggi, sehingga saat ini kami berupaya untuk menguatkan beberapa titik senderan,” tutur Purdianto. Lokasi lonsornya senderan di rumah Diyono pun, menurut Purnianto termasuk yang memiliki kerawanan tinggi. “Kami memperkirakan kebutuhan material untuk perbaikan senderan bisa mencapai 5 sampai 10 Juta Rupiah,” jelas Purdianto. Kepada warga Kemiri, Purdianto juga mengaku telah memberikan imbauan untuk lebih berhati-hati mewaspadai beberapa titik rawan di sekitarnya, terlebih kini hampir setiap hari hujan turun dengan intensitas cukup tinggi. 

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top