Ribuan pelajar ikuti lomba gerak jalan HUT RI ke 70
WONOSOBOZONESedikitnya 484 regu pelajar dari tingkat SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Wonosobo, Sabtu 15 Agustus, mengikuti lomba gerak jalan dalam HUT RI Ke-70. Dilepas Wakil Bupati Wonosobo, Maya Rosida, di Jalan Merdeka, seluruh peserta lomba, baik putra maupun putri diwajibkan menyelesaikan rute tak kurang dari 8 kilometer untuk tingkat SMP dan SMA serta 6 kilometer untuk tingkat SD.

Panitia penyelenggara, Enang Basuki dari DISDIKBUDPORA Kabupaten Wonosobo mengungkapkan, rute yang harus ditempuh tiap regu yang beranggotakan 10 orang ini, dimulai dengan start di Jalan Merdeka, berbelok ke utara ke arah Jalan Dieng, masuk pertigaan Wonobungkah dan berlanjut masuk di jalan Kampung Jlamprang, masuk Setelah menyusuri jalan di kampung Jlamprang dan keluar di pertigaan longkrang, peserta menyusuri jalan Sindoro, kemudian finish kembali di Jalan Merdeka. Khusus untuk SD, rute diperpendek, jika pelajar SMP dan SMA harus menempuh masuk pertigaan Wonobungkah, untuk pelajar SD masuk ke jalan sebelum pertigaan Wonobungkah atau yang biasa dikenal masyarakat dengan blok madekur. Adapun penilaian meliputi ketepatan waktu, kerapian berpakaian, keserasian dan kekompakkan regu.

Selain mengutamakan ketepatan waktu, lomba gerak jalan ini diharapkan juga mampu menanamkan semangat kedisiplinan dalam diri masing-masing peserta. Hal ini diungkapkan Maya Rosida, sebelum melepas para peserta. Ia juga menambahkan bahwa dalam lomba gerak jalan ada tiga prinsip utama yang harus dipahami. Ketiga prinsip tersebut adalah prinsip kesehatan, prinsip kedisiplinan, dan prinsip kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Prinsip kesehatan, dijelaskan Maya, menjadi syarat utama bagi peserta. Maya berharap, bagi para peserta, gerak jalan tersebut juga mampu mendukung semangat mensana en corporesano, atau dalam badan yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Kesehatan, baik fisik maupun mental tersebut diyakini Maya akan memberikan pengaruh positif bagi prestasi para pelajar.

Selain kesehatan, prinsip disiplin juga tak kalah penting, karena adanya tuntutan ketepatan waktu, maka menuntut kedisiplinan peserta dalam memenuhinya. Hal itu juga diharapkan menular dalam aktivitas sehari-hari di tiap sekolah. Imbas positifnya, prestasi para pelajar pun akan semakin meningkat.

Satu prinsip lain yang tak kalah penting menurut Maya adalah, tiap pelajar agar selalu memaknai setiap peringatan HUT RI sebagai momentum peningkatan kecintaan terhadap sang merah putih dan NKRI. Sebagai warga Negara yang baik, Maya meminta para peserta lomba tak surut semangat dalam menanamkan kecintaan terhadap tanah air, serta senantiasa berkontribusi aktif terhadap kemajuan bangsa.

Antusiasme peserta lomba gerak jalan, yang dipentaskan tiap tahun sangat nampak, seperti yang ditunjukkan oleh SMPN 1 Wonosobo yang menurunkan seluruh siswanya untuk ikut berpartisipasi memeriahkan lomba.

Untuk mengurai kepadatan dan kemacetan lalu lintas saat lomba, panitia yang terdiri dari guru-guru olahraga dari DIKPORA dan beberapa UPTD DIKPORA di Wonosobo, mendapat bantuan dari pihak kepolisian, TNI, Kantor Perhubungan dan Satpol PP, sehingga tidak mengganggu jalannya lomba maupun pengguna jalan. Meskipun dalam prakteknya kemacetan sempat terjadi di beberapa titik, khususnya di seputaran alun-alun. Namun demikian, para pemakai jalan mengaku bisa memaklumi kondisi ini, seperti yang disampaikan Imam (37) warga Ngaliyan Wadaslintang, yang sengaja memarkir mobilnya di tepi jalan, untuk melihat para peserta gerak jalan. Menurutnya tiap peserta cukup memberikan hiburan, sebab di tiap titik dari rute yang dilalui, mereka menampilkan berbagai atraksi, mulai dari gerakan-gerakan mirip tarian sampai lagu dan yel-yel kreatif yang mereka teriakkan.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top