WONOSOBOZONE - Ribuan warga Desa Wonolelo, Kecamatan Wonosobo mengikuti karnaval kendaraan hias dalam rangka memperingati HUT ke-70 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis (20/8). Tak kurang dari 700 kendaraan, baik roda dua, roda tiga maupun roda empat dihias dengan aneka bentuk benda, seperti binatang, pesawat terbang, kapal laut, hingga kereta kencana. Start di lapangan Desa Wonolelo, arak-arakan kendaraan tersebut menyusuri rute tak kurang dari 10 kilometer sebelum akhirnya kembali ke lokasi start. Meski terik matahari cukup menyengat, warga tampak tak surut semangat menggeber kendaraan masing-masing dan dengan tertib menyusuri rute karnaval dengan kawalan kendaraan kepolisian.

Kepala Desa Wonolelo, Urip Widodo ketika ditemui setiba kembali di lapangan desa mengaku bangga dan gembira, ribuan warganya bisa menunjukkan kreativitas dan semangat dalam memperingati HUT Ke-70 RI. “Saya berterimakasih dan bangga atas kesediaan warga meluangkan waktu demi menunjukkan rasa cinta tanah air dan menghormati para pahlawan bangsa dengan mengikuti karnaval ini”, ungkap Urip. Pihaknya mengaku sengaja menggelar karnaval kendaraan hias, selain demi memperindah tampilan kendaraan ketika melintas di jalanan Kota Wonosobo, juga untuk menggali kreasi warga masyarakat. “Dengan kendaraan yang dihias beragam tema, kita berusaha untuk menunjukkan bahwa warga Desa Wonolelo memang memiliki daya kreasi yang membanggakan”, lanjut Kades.

Selain menggelar karnaval, Urip juga menerangkan bahwa peringatan HUT RI ke-70 tersebut juga diisi dengan kegiatan positif lainnya. “Kita menggelar beragam lomba, seperti lomba ketangkasan, permainan tradisional, hingga lomba kebersihan lingkungan antar RT”, jelas Urip yang dalam kesempatan tersebut berdandan ala Raja dan mengendarai kereta kencana. Agenda-agenda kegiatan dalam rangka HUT RI, dikatakan Urip memang disiapkan demi mengarahkan warga agar lebih memaknai kemerdekaan dengan aktivitas positif. “Ke depan, kita juga berupaya untuk bisa menggelar kegiatan yang lebih variatif dan inovatif bagi warga”, pungkas Kades.

Antusiasme dan semangat warga Wonolelo dalam mengikuti karnaval dan kegiatan lain dalam rangka peringatan HUT RI ke-70 juga mendapat apresiasi positif dari Camat Wonosobo, Zulfa Akhsan Alim. Menurut Zulfa, adanya ide dan inisiatif warga desa Wonolelo tersebut bisa menjadi contoh poistif bagi desa lain. “Selain berkreasi dengan kendaraan, warga juga diajak bahu-membahu membersihkan lingkungan, dan ini saya nilai sangat positif, daripada kegiatan hura-hura yang tidak ada manfaatnya”, jelas Camat. Kepada warga Wonolelo, Zulfa juga berpesan agar semangat proklamasi yang digelorakan melalui pekikan kata Merdeka, benar-benar dimaknai secara sungguh-sungguh. “Warga Wonolelo harus semakin bersemangat dalam mendukung berbagai program pemerintah, baik pusat maupun daerah, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, harap Zulfa.

Deretan Kendaraan Hias Warga Wonolelo

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top