WONOSOBOZONE - Kaum ibu memiliki peran sangat krusial dalam pembentukan karakter generasi muda yang kelak akan mewarisi masa depan bangsa. Untuk itulah, para ibu dinilai perlu mendapat pembekalan terkait upaya membentuk karakter tangguh dan cinta tanah air anak-anak mereka. “Kami sengaja mengundang ibu-ibu yang tergabung dalam Dharma Wanita Persatuan Setda Kabupaten Wonosobo agar mereka kelak bisa menjadi agen bagi pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa”, terang Kepala Kantor Kesbang dan Politik, Didiek Wibawanto di sela acara pendidikan Kader Bela Negara (PKBN) di Resto Ongklok, Kamis (20/8).

PKBN, dikatakan Didiek menjadi media strategis yang diupayakan pihaknya untuk mengisi momentum HUT Ke-70 Kemerdekaan RI. “Belum lama dari peringatan HUT RI ke-70, sehingga kita berharap, semangat untuk mengisi kemerdekaan dengan aktivitas yang positif dan bermakna masih ada di jiwa para kader Dharma Wanita”, lanjut Didik. Di depan puluhan kader, mantan Camat Garung itu juga menjelaskan, bahwa peringatan HUT RI, yang hampir setiap tahun selalu diisi dengan kegiatan-kegiatan bersifat menggugah semangat nasionalisme, harus bisa dipahami lebih mendalam. “ Kita tidak ingin peringatan HUT RI hanya dimaknai melalui acara-acara seremonial saja, karena hal itu bisa jadi hal itu justru mengaburkan bahkan menguburkan hakikat dari peringatan hari kemerdekaan”, tegas Didiek.

Hari-hari penuh lomba, penuh hiburan, maupun kegiatan bersifat makan-makan yang selama ini identik dengan perayaan HUT RI, menurut Didiek tak selayaknya lantas menenggelamkan makna sesungguhnya dari perjuangan para Kusuma Bangsa dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan hingga titik darah terakhir. ”Perayaan yang berlebihan dan justru meninggalkan makna kemerdekaan bisa masuk dalam kategori ATHG (Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan) bagi Negara, karena bisa melenakan generasi penerus sehinga membuat bangsa terpuruk”, lanjut Didiek. Karena itulah, melalui momentum pelatihan kader bela Negara tersebut, Didiek meminta agar para pengurus maupun anggota Dharma Wanita memperhatikan setiap materi yang diberikan, agar sekembali ke lingkungan masing-masing bisa menyebarluaskannya kepada masyarakat luas.

Inisiatif Kantor Kesbang dan Politik untuk melatih anggotan Dharma Wanita mendapat apresiasi dari Ketua DWP Setda, Ny Wati Eko Sutrisno. Menurut Wati, dengan mengikuti setiap materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut, ibu-ibu yang menjadi anggota DWP akan semakin paham akan pentingnya menjaga dan mengisi kemerdekaan dengan sepenuh hati, termasuk mempersiapkan anak-anaknya agar kelak benar-benar menjadi generasi penerus bangsa yang mumpuni.

pengurus dan anggota DWP Setda mengikuti pelatihan Bela Negara

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top