Habibullah Idris saat berikan hikmah kemerdekaan

WONOSOBOZONE - Arsip lama seputar sejarah Wonosobo, perlu difilmkan agar masyarakat, utamanya generasi muda punya gambaran dan paham sejarah perjuangan pendahulu Wonosobo. Hal ini diungkapkan ulama senior Wonosobo, K.H.Habibullah Idris, dalam tasyakuran HUT Kemerdekaan RI ke 70 tahun 2015, Minggu 16 Agustus malam, di Pendopo Wonosobo.

Menurut pria karismatik ini, dengan adanya film dokumenter tersebut, generasi muda punya wawasan cukup tentang sejarah kota kelahiran mereka termasuk kiprah para pendahulu sehingga bisa menjadi Wonosobo seperti saat sekarang. Dengan punya gambaran ini, para generasi muda bersama masyarakat luas selanjutnya bisa bersyukur dengan nikmat kemerdekaan setelah tahu sulitnya berjuang melepaskan diri dari belenggu penjajahan.

Setelah bersyukur, mereka bisa mengeluarkan segenap kemampuan yang dimiliki untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan melalui berbagai karya dan karsa inovatif yang positif demi kemajuan Wonosobo serta bangsa dan negara Indonesia secara umum.

Habibullah menambahkan, jika masyarakat selalu ingat perjuangan para pendahulu bangsa, yang rela berjuang untuk Kemerdekaa RI agar bisa diakui secara de facto dan de jure oleh dunia internasional, maka masyarakat, khususnya generasi penerus, akan sadar bahwa tugas mereka saat ini adalah memberikan arti kemerdekaan yang sesungguhnya, yakni tercapainya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Di hadapan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, pimpinan OPD, serta puluhan tokoh agama dan masyarakat, Bupati Wonosobo, Kholiq Arif, meminta agar masyarakat bisa memaknai kemerdekaan sebagai wahana perubahan agar bisa menjadi lebih baik, yang mana perubahan ini merupakan salah satu bentuk syukur atas kemerdekaan dan kebebasan bangsa dan negara dari belenggu penjajahan di masa lalu. Perubahan yang bisa dilakukan tentunya bagaimana berupaya untuk melakukan perpindahan dari situasi yang tidak nyaman ke situasi yang nyaman dalam konteks pembangunan daerah di berbagai bidang.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyerahkan nasi tumpeng secara simbolis kepada Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Wonosobo, Muhtadin. Menurut Muhatdin, hal ini merupakan perlambang rasa syukur semua elemen masyarakat Wonosobo dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia, yang tahun ini memasuki tahun ke 70.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top