Bukit Sikunir, Sembungan Dieng
WONOSOBOZONEPERNAH mendengar Bukit Sikunir? Ya, bukit ini terletak di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah yang terkenal dengan sunrise terindah yang pernah ada. Entah siapa yang menjuluki bukit ini punya sunrise terindah, namun begitulah kenyataannya.

Bukit ini sudah lama ada namun baru terkenal setelah terdapat kabar di dunia maya bahwa dari bukit ini kita dapat melihat munculnya matahari dengan pemandangan yang mengagumkan. Bukit ini juga merupakan desa tertinggi di Jawa Tengah.

Dari Wonosobo, hanya menempuh perjalanan 1 jam saja. Jarak dari tempat parkir ke bukit juga terbilang dekat yakni 600 meter. Di atas ada sebuah gubug buatan dan beberapa tempat untuk duduk dan menikmati pemandangan.

Adapun tempat ini biasa dikunjungi masyarakat dari pukul 03.00 pagi untuk melihat keindahan datangnya fajar. Memang masih gelap dan dingin, namun rasa kantuk dan dingin akan terbayar saat anda tiba di puncak.
Birgita (15), salah satu pendaki bukit ini mengaku, sangat terkesan terlebih ini adalah sunrise pertama bagi dirinya. Menurutnya, sinar matahari yang datang berbalut kabut yang dingin dan pemandangan gunung sangat padu untuk dinikmati.

Jalur pendakian bukit ini tidak terlalu berat dan aman bagi rombongan keluarga untuk mendaki. Tidak heran jika di antara para pendaki bisa ditemui anak-anak ataupun lansia. Bukit ini bisa didaki dengan berjalan perlahan saja, namun pastinya anda bisa ketinggalan munculnya sunrise jika tidak bergegas.
Untuk mendaki ke sana tidak lupa membawa senter karena tempat pendakian gelap juga curam. Dari atas bukit terlihat puncak Gunung Sindoro dan Gunung Slamet. Fasilitas pun sudah disediakan oleh penduduk setempat seperti toilet dan tempat parkir. Di desa dekat tempat tersebut banyak yang membuka tempat penginapan.

Jangan khawatir jika anda tidak membawa bekal saat mendaki karena banyak tempat jualan serta peralatan mendaki jika anda membutuhkan. Yang terpenting anda tidak mengabaikan imbauan-imbauan saat mendaki terlebih dalam hal senter serta jaket.

Tidak hanya itu, masyarakat sekitar juga mengimbau untuk tetap menjaga sikap dan perilaku anda saat mendaki maupun setelah sampai di puncak, seperti tidak membuang sampah sembarangan, karena bagaimanapun alam harus tetap dijaga terlebih yang mempunyai pemandangan tak terkalahkan.
Saat turun, akan terlihat sebuah telaga bernama Telaga Cebong yang letaknya di dekat parkiran. Tentu anda hanya bisa menikmati keindahan telaga ini ketika sudah terdapat sinar matahari. Meski di sana sangat dingin ditambah kabut pun datang dan pergi dengan cepat, tidak mengurangi harmoni keindahan yang ada.

Tidak perlu khawatir tentang budget. Kawasan bukit ini dan tempat-tempat wisata, khususnya di Kabupaten Wonosobo, tidak akan cepat membuat kantong anda menjadi tipis. Cocok untuk para backpacker yang melakukan perjalanan dengan minim dana. Oleh karenanya sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang ingin dimanja oleh alam untuk mengunjungi destinasi wisata ini. 

(tj2/tribunnews.com)

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top