Waduk Wadaslintang
WONOSOBOZONE Dua dari 16 waduk utama di Indonesia yang menyangga pengairan irigasi sawah mulai surut.
 “Hanya ada dua waduk utama yang surut dratis, yaitu waduk Wadas Lintang dan Sempor.

Lainnya masih normal, termasuk waduk Kedung Ombo” ujar Direktur Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mudjiaji usai meninjau waduk Kedung Ombo di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Sabtu (1/8/2015).

Menurut dia, dari 16 waduk utama 9 diantaranya masih normal dengan debit air lebih dari 100 juta meter kubik. Lima lainnya hanya kekurangan air debitnya.

Di Jawa Tengah mayoritas waduk dan bendungan masih normal, meski volumenya menurun di tengah musim kemarau.
Ada delapan waduk besar di Jawa Tengah yaitu Malahayu, Cacaban, Rawa Pening, Kedung Ombo, Gajah Mungkur, Wadas Lintang, Sempor, dan Mricah.

Menurut catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah kekeringan terjadi di 487 desa di 17 Kabupaten.
Daerah yang mengalami kekeringan antara lain Rembang, Blora, Grobogan, Pati, Wonogiri, Sukoharjo, Klaten, Boyolali, Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Tegal, Pemalang, Purworejo, Jepara, Demak, dan Kebumen. 

Waduk Wadaslintang sendiri dibangun cukup lama, sekitar 7 tahun. Arealnya di lembah yang cukup curam. Tanah yang diperlukan untuk kawasan waduk tersebut mencapai 2.626 ha. Sehingga pada awal pembangunannya harus memindahkan sekitar 7.000 penduduk di perbatasan Kabupaten Kebumen-Wonosobo di eks Karesidenan Kedu. Genangan airnya mencakup sembilan desa.

Waduk Wadaslintang dilaksanakan oleh kontraktor Hydro Resource Coorporation Filipina, bekerja sama dengan PT Brantas Abipraya. Mulai dikerjakan tahun 1982, dan diresmikan oleh Presiden Soeharto awal tahun 1988.

Konstruksi beton bendungan tersebut dikagumi banyak pakar dari negara asing, dan diproyeksikan mampu berusia sampai sekitar 200 tahun. Waduk Wadaslintang termasuk cukup dalam. Tinggi bendungan 116 m lebar 10 m dan panjang 650 m, berisi air maksimal 443 juta M3. 

Waduk Wadaslintang mampu mensuplai kebutuhan irigasi bagi areal persawahan di daerah Kebumen dan Purworejo seluas 30.345 hektar sepanjang tahun. 

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top