WONOSOBOZONE - Komisi Pengawasan Persaingan Usaha atau KPPU Republik Indonesia mendorong para pelaku usaha di Wonosobo untuk lebih mempersiapkan diri menghadapi persaingan bisnis yang semakin hari semakin ketat. Ketika hadir dalam acara Forum Group Discussion atau FGD di Pendopo Wakil Bupati, Kamis, 20 Agustus 2015, yang membahas Implementasi Nilai-Nilai Persaingan Usaha Sesuai UU Nomor 5 Tahun 1999, komisioner KPPU Kamser Lumbanradja mengemukakan hal tersebut kepada puluhan pelaku usaha farmasi dan pemilik apotek se-Wonosobo. Diantaranya kepentingan yang lebih luas, yaitu agar para pelaku usaha menaati UU Nomor 1999 mendorong KPPU untuk melakukan advokasi terhadap para pelaku usaha, khususnya di Wonosobo.

Upaya sosialisasi UU Nomor 5 Tahun 1999 tersebut, dikatakan Kamser juga dilatarbelakangi adanya laporan dari salah satu pelaku usaha sektor waralaba apotek, terkait dengan sulitnya memperoleh izin usaha di Wonosobo. Kamser menilai, di setiap daerah memang memiliki karakteristik sendiri terkait cara para pelaku usaha menghadapi kompetisi bisnis, karena itulah diperlukan strategi berbeda dalam mengurai permasalahan.

Terkait adanya laporan dari salah satu waralaba apotek yang kesulitan mengakses izin usaha, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo, Okie Hapsoro menilai semua pihak memang perlu duduk bersama dan mencari solusi terbaik. Di Kabupaten Wonosobo jumlah apotek sudah begitu banyak, sementara apotekernya sedikit. Masih ditambah dengan adanya benturan dengan peraturan Menteri Kesehatan yang menyebut bahwa apoteker utama hanya diizinkan berpraktek di satu tempat saja. Karena itulah, Okie mengaku setuju dengan KPPU yang secepatnya akan merekomendasikan kepada Menkes terkait aturan baku praktek apoteker utama.(Ard)

forum FGD UU Nomor 5 Tahun 1999

Source : wonosobozone.com

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top