WONOSOBOZONEMalam puncak pemilihan Mas dan Mbak Wonosobo Tahun 2015 dihelat meriah di Ballroom Kresna Hotel, Jum’at malam (8/8). Setelah melalui penjurian ketat oleh Dyah Retno Sulistyowati, Suprayitno, dan Muhamad Yarif,  akhirnya Abdurahman Rifa’i dan Tari Dwi Astuti dinyatakan memenuhi semua persyaratan untuk menyandang predikat sebagai Duta Wisata Wonosobo 2015. Rifa’i yang berasal dari Kasiran Asri Mlipak, dan Tari dari Kalierang, Selomerto dinyatakan berhak menerima selempang Mas dan Mbak Wonosobo selama setahun kedepan, sekaligus mengemban tugas sebagai representasi citra positif Kabupaten Wonosobo dari segala aspek, baik di tingkat regional, nasional, sampai ke level Internasional. “Kita berharap banyak dari terpilihnya para duta wisata ini, akan mampu mendukung program Pemerintah Kabupaten, khususnya dalam rangka promosi potensi wisata Wonosobo sepanjang satu tahun ke depan”, urai Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wonosobo, Agus Purnomo seusai acara penobatan Rifai dan Tari sebagai Mas dan Mbak Wonosobo.

Harapan Agus tersebut sinergis dengan keinginan Wakil Bupati Dra Hj Maya Rosida MM, yang pada pembukaan acara meminta, agar siapapun yang nantinya terpilih sebagai Duta Wisata, harus benar-benar mampu menguasai pengetahuan terkait potensi yang dimiliki oleh Kabupaten di tengah Pulau Jawa ini. “Saya ingin agar gelaran pemilihan Mas dan Mbak Wonosobo ini tak sekedar menjadi ajang kontes kecantikan dan ketampanan semata, tapi juga benar-benar menjadi media menguji kemampuan dan skill para peserta, terutama terkait cara-cara efektif mempromosikan Kabupaten Wonosobo”, harap Wabup dalam sambutannya. Lebih dari itu, Maya juga menegaskan bahwa para duta wisata yang terpilih nantinya juga diharapkan agar mampu mengimplementasikan ilmu yang diperoleh sepanjang masa pembekalan materi. Selama masa karantina dan pembekalan, para peserta Duta Wisata memang mendapat asupan materi-materi terkait, seperti keterampilan berbahasa Inggris, Kepariwisataan, Lingkungan Hidup, Tata Busana, hingga diajak mengenali langsung potensi riil ekonomi kreatif Wonosobo. “Para duta wisata kita harapkan benar-benar memahami bahwa industri kreatif, serta sektor pariwisata di Wonosobo memiliki potensi luar biasa yang bila dipromosikan dan dikembangkan dengan benar akan member dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat”, lanjut Wabup.

Dari keterangan Agus Purnomo, diketahui bahwa ke 30 peserta yang telah lolos seleksi awal merupakan pilihan terbaik setelah proses seleksi tehadap 97 pendaftar. “Mereka yang berhak maju ke grand final merupakan kandidat juara semua, sehingga persaingan sangat ketat”, jelas Agus. Namun dengan telah ditetapkannya kriteria penilaian, yaitu 60 % nilai dari masa pembekalan dan 40 % dari penampilan di grand final, akhirnya diperoleh para terbaik di antara yang terbaik. Sebelum memutuskan para juara, ketiga juri melakukan seleksi untuk memilih 10 kandidat terbaik. Dari ke 10 itulah, kemudian terpilih Rifai dan Tari sebagai yang terbaik.

Selain keduanya, terplih pula Kistian Adi Bawono dan Tiara Aspra Liliana sebagai Juara II putra/putri, Rivo Arviyandi dan Violita Nugraeni sebagai Juara III putra/putri, serta juara untuk 4 kategori lain. “Kita juga memilih Karnawan Adi Pratama dan Anggraeni Arti Saputri sebagai Duta Persahabatan, kemudian Renaldy Wira Pratama dan Agus Ferani Istikharah sebagai Duta Intelegensi”, lanjut Agus. Sementara, Juara kategori favorit, dikatakan Agus diraih oleh Jeff Kemal Aziz dan Erfangatul Karimah. “Terakhir, untuk Juara favorit diberikan kepada Bhakti Laksono dan Ayu Prastika”, tutup Agus.

Rifai dan Tari Duta Wisata Wonosobo 2015

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top