Wabup bersama para pendonor darah sukarela
WONOSOBOZONE - Wakil Bupati, Dra Hj Maya Rosida MM menyatakan apresiasi tingginya kepada barisan donor darah sukarela (DDS) yang selama berpuluh tahun ini mendampingi operasional Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonosobo. Maya menganggap, kerelaan para pendonor, baik yang berasal dari lembaga/ instansi maupun perorangan selayaknya diberikan penghargaan, meski secara nilai tak sepadan dengan apa yang telah disumbangkan untuk kepentingan masyarakat luas. “Kalau biasanya bagi pendonor yang telah 50 kali atau 70 kali mendapat piagam dan penghargaan dari Gubernur, maka untuk DDS 25 dan 10 kali akan mendapat piagam dan sedikit bingkisan dari saya pribadi”, kata Maya dalam acara silaturahmi dan penyerahan penghargaan bagi pendonor sukarela 10 dan 25 kali, di Pendopo Wabup, Rabu (12/8).

Di depan sekitar 100 pendonor sukarela yang hadir dalam kesempatan tersebut, Maya juga menyebut bahwa kiprah DDS menjadi sangat urgen, mengingat saat ini tingkat pertambahan jumlah penderita penyakit kronis di Wonosobo cukup pesat. “Kita bahkan telah mengantisipasi kebutuhan pemenuhan layanan kesehatan untuk masyarakat Wonosobo, dengan rencana pendirian Rumah Sakit PMI”, jelas Maya. Selain itu, demi memenuhi kebutuhan darah para pasien, Maya meminta agar Unit Donor Darah (UDD) PMI meningkatkan kapasitas layanan. “Jangan lagi ada keluarga pasien yang berlari-lari membawa darah dengan menggunakan termos, karena itu akan merusak kualitas darah”, harap Maya. Tak kalah penting, demi terpenuhinya kualitas darah yang sesuai dengan kebutuhan pasien, Maya juga mengatakan perlunya UDD PMI untuk memiliki peralatan yang bisa mendeteksi darah terpapar penyakit berbahaya. “Penting untuk memiliki alat uji darah, apakah si pendonor memiliki penyakit berhaya seperti HIV/AIDS, Hepatitis atau penyakit lain, agar tidak sampai menular kepada pasien”, ungkap Wabup.

Permintaan Maya tersebut direspon positif oleh Ketua PMI, Drs Muhson MM dan Direktur UDD, dr Handoko. Menurut keduanya, pemenuhan kebutuhan darah yang berkualitas dan sesuai, bagi para pasien memang menjadi prioritas bagi PMI Wonosobo. Karena itulah, selain mengupayakan terealisirnya Rumah Sakit, PMI Wonosobo juga tengah berusaha melengkapi peralatan penunjang di UDD. “Kita berharap dalam waktu dekat bisa terpenuhi, demi meningkatknya kualitas layanan kepada masyarakat dalam hal pemenuhan darah”, jelas dr Handoko seusai acara.

Source: wonosobokab.go.id

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top