Bupati taburkan air Birat Sengkala
WONOSOBOZONE - Kabupaten Wonosobo menjejak usia ke 190 Tahun. 10 Tahun menjelang 2 Abad, Kabupaten yang berada tepat di tengah Pulau Jawa itu semakin meneguhkan tekad demi mewujudkan pemerataan pembangunan di segala bidang, demi tercapainya kemakmuran dan kesehteraan masyarakatnya. Upacara peringatan Hari Jadi Wonosobo di alun-alun Kota, Jum’at (24/7), yang dikemas dalam skema Pisowanan Ageng ala Keraton menandai hal tersebut. Bupati HA Kholiq Arif, dalam sambutan berbahasa jawanya menegaskan, bahwa pertambahan usia hingga hampir 2 Abad selayaknya meningkatkan kesadaran semua pihak, baik Pemerintah maupun masyarakat, untuk lebih serius dalam mengejar berbagai ketertinggalan.

“Hampir 2 Abad usia, kita semua harus semakin menyadari bahwa mewujudkan Wonosobo yang maju dan sejahtera adalah sebuah keharusan”, tegas Bupati. Selama hampir 15 Tahun memimpin daerah, baik sebagai Wakil Bupati (2000-2005), kemudian berlanjut menjadi Bupati dalam 2 periode pemilihan 2005 dan 2010, Kholiq mengakui masih banyak yang harus dibenahi. “Kita telah meletakkan dasar dan tengah menuju Kabupaten yang ramah terhadap Hak Asasi Manusia (Ramah HAM), demi tercapainya peningkatan derajat, harkat dan martabat masyarakat Wonosobo”, lanjut Kholiq.

Selain itu, demi mengotimalkan pelayanan terhadap masyarakat, Bupati juga menyebut bahwa langkah merestrukturisasi Aparatur Sipil Negara juga telah dilakukan. “Melalui reformasi birokrasi, yang salah satunya direalisasikan dengan penerapan peraturan daerah (Perda OPD), kita berharap birokrasi di Kabupaten Wonosobo akan semakin efisien dan gesit dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat”, terang Kholiq. Reformasi birokrasi, dijelaskan Bupati juga menjadi titik tolak bagi kalangan pegawai untuk bisa mengupayakan peningkatan kesejahteraan. “Efisiensi di berbagai bidang, seperti pengurangan pemakaian kertas, pengurangan pemakaian listrik, sampai mengurangi konsumsi BBM bagi kendaraan dinas, diyakini dapat meningkatkan anggaran untuk tambahan tunjangan penghasilan bagi para pegawai”, urai Kholiq saat memberikan sambutan sebelum acara silaturahmi pascalibur Idul Fitri 1436 H.

Upaya Pemerintah Kabupaten, seperti yang disampaikan Bupati tersebut mendapat apresiasi positif dari warga masyarakat. Erwin (32), warga Selomerto yang sengaja datang ke alun-alun menyaksikan prosesi Pisowanan Ageng mengaku optimis, Wonosobo ke depan akan semakin maju. “Keamanan dan Ketertiban masyarakat, yang selama ini menjadi prioritas seharusnya dipertahankan, meski nantinya ada pergantian kepemimpinan pasca Kholiq-Maya”, harap Erwin. Kesederhanaan dan kekhidmatan Pisowanan Ageng, dinilai Erwin juga menunjukkan upaya Pemkab untuk meneguhkan tekad melestarikan budaya luhur. Rangkaian acara peringatan Hari Jadi 190 diharapkan Erwin juga diharapkan tak sekedar menghibur, melainkan memiliki nilai-nilai edukasi, khususnya bagi kalangan generasi muda dan anak-anak.

Dari pihak Panitia Hari Jadi Wonosobo ke-190 sendiri, upacara yang dikemas agak berbeda dibanding gelaran serupa tahun-tahun sebelumnya itu memang ditujukan untuk beberapa alasan. “Kita mengambil tema Damai dalam Perbedaan, Dukung Wonosobo Kabupaten Ramah HAM, adalah untuk menunjukkan keseriusan pemerintah daerah dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dalam bingkai kerukunan seluruh warga”, jelas Sekretaris Panitia Hari Jadi, Drs Tri Antoro MSi. Tri juga mengatakan, bahwa momentum hari jadi ke-190 yang dikemas berbeda, yaitu dengan seluruh peserta upacara duduk lesehan di seputar alun-alun, dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan kepada Bupati dan Wakil Bupati periode 2010-2015 yang tak lama lagi akan mengakhiri masa baktinya. Selain pisowanan Ageng, panitia HUT Wonosobo ke-190, dikatakan Tri Antoro juga mengagendakan serangkaian acara, termasuk permainan tradisional, pentas wayang kulit dengan dalan dan pesinden cilik, serta Wonosobo Night Costume Carnival pada hari yang sama. “Rangkaian Hari Jadi akan ditutup dengan pentas music yang menampilkan Slank pada 1 Agustus, dan festival balon udara pada Minggu 2 Agustus 2015”, pungkas Tri.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top