Pantauan pasar murah di Kaliwiro

WONOSOBOZONEMasih ditemukan beberapa makanan kecil yang terindikasi menggunakan rhodamin, hal ini terungkap saat dilakukan pemantauan oleh tim pemantau keamanan pangan dan tim pengendali inflasi daerah (TPID) di Pasar tradisional Kaliwiro, Selasa, 7 Juli.


Menurut Kepala Sub Bagian Ketahanan Pangan Bagian Perekonomian dan Ketahanan Pangan Sekretariat Daerah Kabupaten Wonosobo, Istiqomah, dari hasil pengecekan langsung di lapangan menggunakan alat detector rhodamin yang memanfaatkan sinar ultraviolet pada makanan kecil yang diduga mengandung rhodamin, beberapa diantaranya membuat warna makanan yang mengandung pewarna tidak layak, menyala lebih terang, dibanding makanan dengan pewarna alami. Makanan yang diduga mengandung zat pewarna yang biasa digunakan untuk mewarnai tekstil diantaranya adalah jipang, yang ditemukan dalam jumlah cukup banyak.

Setelah dilakukan pemeriksaan, tim mengambil beberapa sampel makanan dengan terlebih dahulu membayar sesuai harga makanan, dan selanjutnya dibawa ke Dinas Kesehatan untuk lebih memastikan kondisi makanan kecil ini. Sedangkan kepada pedagang, tim akan memberikan surat teguran agar tidak menjual lagi makanan ini, dan selanjutnya pembinaan akan dilakukan pemerintah bersama pihak-pihak terkait.

Tim juga menghimbau pedagang makanan kecil ini untuk menyediakan alat detector rhodamin yang bisa dibeli dengan harga yang terjangkau dan mudah didapatkan, sebab alat ini tidak beda dengan detector uang palsu. Upaya tersebut, menurut Istiqomah perlu dilakukan karena efek negatif yang ditimbulkan pada konsumen benar-benar serius, seperti meningkatnya angka kesakitan penderita gagal ginjal di Kabupaten Wonosobo karena adanya kandungan rhodamin pada makanan.

Terkait harga kebutuhan pokok masyarakat, beberapa diantaranya masih stabil, seperti harga daging, beras, gula dan bumbu dapur. Sementara beberapa komoditas ada yang mengalami kenaikan, seperti harga ayam ras yang naik seribu rupiah dari harga normal serta harga cabe yang naik dari 20 ribu per kilo jadi 30 ribu per kilo.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top