WONOSOBOZONE - Menjelang hari raya Idul Fitri, jamaah pengajian solat subuh Masjid Agung Jami’, menasyarufkan Zakat Maal bagi ratusan kaum dhuafa dan beberapa lembaga pendidikan serta sosial kemasyarakatan, Sabtu, 11 Juli di aula Masjid Agung Jami’.

Ketua panitia H.Sayidi mengatakan bahwa jumlah zakat maal tahun ini 74,2 juta, yang dibagikan kepada 328 kaum dhuafa senilai 49,2 juta atau 150 ribu per orang serta 14 lembaga pendidikan dan sosial kemasyarakatan senilai 25 juta, yang mana tiap lembaga menerima jumlah bervariasi, antara 500 ribu sampai 5 juta rupiah. 

Sayidi juga berharap, pengumpulan zakat maal maupun infaq dan shodaqoh, tidak sebatas pada jamaah sholat subuh saja, tapi juga jamah-jamaah lainnya, sehingga akan semakin membantu kaum dhuafa dan mereka yang memerlukan.

Ketua umum Takmir Masjid Agung Jami’ Wonosobo, Eko Sutrisno Wibowo, mengungkapkan, idealnya semua pengumpulan zakat diserahkan kepada Badan Amil Zakat Nasional (BASNAS) tingkat Kabupaten, yang sebelumnya bernama BAZDA, sesuai UU no.23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat.

Meski demikian, kelompok masyarakat masih tetap diperbolehkan melakukan pengelolan zakat, asalkan mereka selalu memberikan data dan informasi berapa jumlah zakat yang terkumpul dan kemana akan disalurkan, sehingga bisa diketahui potensi zakat masyarakat dan sasarannya.

Senada hal ini, Muhammad Zaid, dari PP Muhammadiyah Wonosobo dalam tausiyahnya, ia yakin jumlah penerimanya akan berkurang sedangkan pemberi zakat akan meningkat. Hal ini bisa terwujud, jika zakat maal yang dibagikan digunakan untuk hal-hal produktif, sehingga bisa merubah kondisi ekonomi mereka, yang ujungnya merubah status dari penerima menjadi pemberi zakat.



0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top