Tim Klaster Desa Wisata mencoba kapal angkut Wisatawan di Waduk Wadaslintang
WONOSOBOZONETerletak di kawasan Waduk terbesar di Jawa Tengah, serta memiliki potensi wisata alam dan budaya yang sangat menarik, membuat Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang mulai dilirik sebagai salah satu destinasi wisata alternatif di Kabupaten Wonosobo. Dengan sedikit sentuhan serta kemasan promosi yang sesuai, kelak Erorejo akan mampu tampil sebagai Desa Wisata Ideal, yang bisa menjadi andalan, tak hanya untuk mendongkrak kunjungan wisatawan, namun juga wahana edukatif bagi para pelajar. Demikian pernyataan Kepala Sub Bidang Ekuindag Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPPEDA) Provinsi Jawa Tengah, Drs Arif Wahyudi MSi  di sela kunjungan kerja di Erorejo, Selasa (7/7).

Arif yang hadir di Erorejo bersama Tim Klaster Desa Wisata Kabupaten Wonosobo menyebut potensi yang dimiliki desa di selatan Kecamatan Wadaslintang tersebut sangat layak untuk dikembangkan. “Dibutuhkan sentuhan berupa pengelolaan yang lebih optimal, tak hanya mengandalkan potensi alam, namun juga pembenahan kemasan beserta sarana pendukungnya”, jelas Arif. Beberapa sarana pendukung yang perlu pembenahan, menurut Arif adalah kapal sebagai property transportasi utama untuk menikmati keindahan waduk. Selain itu, diperlukan juga perlengkapan yang memenuhi stanadar keamanan, seperti jaket pengaman dan pelampung untuk para penumpang.

Arahan Arif tersebut selaras dengan apa yang tengah diupayakan oleh Tim Klaster Desa Wisata Wonosobo. Dari keterangan Agus Dwiyono selaku Ketua Tim, saat ini pihaknya memang tengah mengupayakan agar Pemerintah, baik pusat maupun daerah memberi perhatian lebih terhadap potensi yang dimiliki desa wisata. “Pembinaan terhadap kelompok sadar wisata oleh pemerintah sangat diperlukan, agar semangat Pokdarwis yang saat ini telah terbentu tak mudah kendur”, harap Agus. Kepada masyarakat desa sendiri, Agus meminta agar mereka lebih intensif dalam berkoordinasi dan berkomunikasi, serta menggali potensi sumber daya manusia. “Kesiapan masyarakat dalam menyambut tamu wisatawan yang berkunjung akan sangat mempengaruhi kesan dan minat para pengunjung”, jelas Agus.

Selain berkeliling waduk Wadaslintang, kunjungan ke Erorejo tersebut juga dimanfaatkan Tim Bappeda Provinsi Jawa Tengah dan Tim Klaster Desa Wisata Kabupaten Wonosobo, untuk mendalami potensi lain yang ada. Menurut Wakil Ketua Klaster Pariwisata berbasis Desa, Agus Wuryanto profil Desa Erorejo di memang sangat komplet. “Wisatawan bisa mendapat banyak hal dari kunjungan mereka di Erorejo, karena selain keindahan wahana air di waduk, erorejo memiliki produk kerajinan khas serta makanan olahan yang layak untuk dicoba”, ungkap Agus dalam paparan singkatnya di hadapan tim Bappeda Jawa Tengah.

Source: wonosobokab.go.id

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top