Anak-anak pun dapat doorprize
WONOSOBOZONE - Tradisi halal bi halal atau saling maaf memaafkan antar warga masyarakat sesudah lebaran jadi hal jamak di tengah masyarakat. Tidak terkecuali warga perumahan Permata Hijau Kelurahan Mudal Kecamatan Mojotengah, juga menggelar acara ini, Minggu, 26 Juli di jalan utama perumahan.

Ketua RW 4 perumahan Permata Hijau, Priswanto, mengungkapkan, tradisi yang tiap tahun digelar masyarakat ini, pada tahun ini menginjak tahun ke enam, sejak awal berdirinya perumahan ini. Meski tergolong perumahan baru, namun antusias warga terlihat sangat besar. Hal ini tidak lepas dari jumlah kepala keluarga yang hampir mencapai 250, sehingga setiap kali diadakan acara seperti ini pasti berlangsung meriah. Mulai dari pentas seni anak-anak TPQ, pembagiaan doorprize, sampai aneka permainan dan lomba hafalan Qur’an ikut memeriahkan acara ini.

Salah satu anggota DPRD Kabupaten Wonosobo yang kebetulan berdomisili di perumahan Permata Hijau, H.Lukman Latif, juga ikut menyumbangkan hadiah yang dibagikan sebagai doorprize kepada warga. Di sela pemberian doorprize, Lukman meminta agar kerukunan warga tetap terjalin dengan baik. Hal ini selaras dengan tema kota Wonosobo yang baru saja ber-hari jadi yang ke 190, yakni damai dalam perbedaan, sehingga meskipun tidak seluruhnya warga perumahan beragama Islam, namun mereka tetap menghargai warga non muslim. Pun sebaliknya dengan warga non muslim, mereka tetap menghormati warga yang beragama Islam, salah satunya dengan ikut hadir dalam acara halal bi halal ini.

Senada dengan Lukman, da’i muda, Mukhlis dari Binangun Watumalang, yang memberikan tausiyah mengungkapkan, bahwa momentum idul fitri, selain menjadi momen kembalinya umat Islam dalam kesucian, juga menjadi momen untuk meningkatkan solidaritas dan toleransi dengan sesama. Termasuk adanya perbedaan waktu dalam merayakan lebaran. Hal ini tidak boleh dijadikan sebagai alasan merusak persatuan umat, tapi justru menjadi semangat meningkatkan kualitas Ukhuwah Islamiyah.
Muhklis menekankan, solusi tepat untuk mengatasi perbedaan ini adalah dengan meyakini pada hal yang benar melalui ilmu yang tepat sesuai yang digariskan dalam Al Qur’an dan tuntunan Rasulullah.

Acara halal bi hala sendiri diakhiri dengan salam-salaman yang diikuti ratusan warga perumahan Permata Hijau. 

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top