Pendidikan Karakter di SMK 1 Wonosobo oleh Kodim 0707
WONOSOBOZONE - Untuk menjadikan Negara yang kuat dan tangguh dibutuhkan karakter bagi masyarakatnya.  Dalam rangka meciptakan karekter tersebut harus dimulai sedini mungkin karena keberhasilan pendidikan adalah disaat masih usia muda.  Untuk itu dalam upaya menciptakan generasi muda yang berkarakter Kodim memberikan materi pendidikan karakter bagi anak – anak sekolah.  Seperti yang dilaksanakan di SMK 1 Wonosobo oleh Pasi Ops Kapten Inf Sutiyo, Sabtu (11/7).

Pendidikan karekter itu sangat penting bagi generasi muda.  Generasi muda merupakan calon penerus bangsa diesok kemudian hari.  Sedangkan saat ini dijaman era globalisasi semua infomasi masuk dengan begitu mudahnya.  Dari informasi tersebut bisa membuat kita menjadi baik jika infomasi itu pas dengan kondisi kita akan tetapi jika infomasi itu tidak baik maka akan membuat kehancuran. Fakta yang sebenarnya dilapangan banyak informasi yang masuk tidak pas untuk generasi muda.  Mereka belum bisa berfikir secara dewasa untuk memilih dan memilah setiap infomasi yang ada.

Pengaruh dari luar bisa masuk setiap saat.  Untuk itu pendidikan karekter harus sering diberikan sebagai pengingat akan pentingnya  pendidikan karakter tersebut.  Apabila karakter ini sampai hilang bisa berbahaya bagi orang tersebut. 

Karekater yang baik, seperti (1) Cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya; (2) Tanggung jawab, Disiplin dan Mandiri; (3) Jujur/amanah dan Arif; (4) Hormat dan Santun; (5) Dermawan, Suka menolong, dan Gotong-royong; (6) Percaya diri, Kreatif dan Pekerja keras; (7) Kepemimpinan dan adil; (8) Baik dan rendah hati; (9) Toleran, cinta damai dan kesatuan.  Bila itu semua bisa melakat pada generasi muda dan rakyat Indonesia maka tidak akan ada korupsi.

Bagi generasi muda dituntut untuk berbuat yang terbaik dalam rangka mengabdi kepada bangsa dan Negara yaitu melalui belajar yang tekun.  Kuasai ilmu yang diberikan oleh guru, hindari pergaulan bebas. Itu sudah cukup untuk para pelajar.  Demikian penekanan kapten sutiyo mengakhiri ceamahnya.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top