WONOSOBOZONE - Kali Serayu adalah sungai yang melintasi beberapa kabupaten di Jawa Tengah seperti Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Wonosobo sebagai tempat berhulunya sungai ini, tepatnya di lereng Gunung Prahu.

Nama sungai Serayu sendiri berasal dari kata bahasa jawa “sira” yang berarti kamu dan “ayu” yang berarti cantik jadi Serayu memiliki makna “Kamu yang cantik” atau “Kepala dengan wajah yang cantik” Karen kata “sira” juga disebut “sirah” yang memiliki arti “Kepala”

Mata airnya dikenal sebagai Tuk Bima Lukar (mata air Bima Lukar) karena menurut mitos sungai ini merupakan jejak kaki Bima yang merupakan putra dari Pandu Dewanata dan Dewi Kunthi Nalibrata. Saat ingin pergi ke laut selatan untuk mendapatkan tirta perwitasari, dalam perjalanannya Bima meninggalkan jejak-jejak kaki yang berlubang sehingga jadilah sungai serayu yang panjang, dalam dan lebar karena sampai saat ini luas Serayu mencapai 4.375 km² dan juga memiliki banyak anak sungai seperti Kali Bengaluh, Kali Tulis, Kali Merawu dan masih banyak lagi anak sungai yang lainnya.

Konon sungai ini juga dilindungi oleh Dewa berwujud manusia yaitu Semar yang selalu menjaga keselarasan hubungan manusia dan berwatak sederhana, jujur, sabar dan rendah hati. Selain itu sungai Serayu pernah menjadi tempat persinggahan Sunan Kalijaga dalam pengembaraannya menyebarkan agama Islam. Di sinilah sang Sunan melihat sosok Kepala Perempuan dengan wajah yang cantik kemudian Sunan yang memiliki nama Raden Said ini memberi nama Serayu. (RTA)

Referensi: Serayu, Mitos dan Semar (Sri Wintala Achmad), Wikipedia

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top