WONOSOBOZONE - Kerjasama Pemerintah Kabupaten Wonosobo dengan USAID Prioritas yang telah berjalan selama setahun terakhir menunjukkan hasil menggembirakan. 23 Sekolah, terdiri dari 15 SD/MI dan 8 SMP/MTs di dua Kecamatan, yaitu Garung dan Kertek, kini telah berhasil menerapkan praktik pendidikan yang baik, dengan mengedepankan unsur kreativitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). Praktik pendidikan yang baik yang diimplementasikan bahkan telah terbukti tidak terpengaruh oleh perubahan kurikulum. Menggunakan Kurikulum baru 2013 atau yang biasa dikenal dengan K13, maupun kembali ke Kurikulum 2006, kegiatan belajar mengajar menggunakan metode praktik yang baik tetap berjalan lancar. Keberhasilan tersebut, dijelaskan Koordinator Provinsi USAID Prioritas Jawa Tengah, Dr Nurcholis MM, tak lepas dari adanya kerjasama yang tejalin secara simultan antara sivitas akademik di sekolah, dengan pihak orang tua, serta lingkungan di sekitarnya.

Dalam acara pembukaan Lokakarya Praktik Pendidikan Yang Baik, yang digelar di Sasana Adipura Kencana, Kamis (5/2), Nurcholis menjabarkan, bahwa pihak USAID Prioritas memang mengedepankan upaya komprehensif untuk merealisasikan target peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Wonosobo. Upaya tersebut diimplementasikan dalam wujud mengajak pihak sekolah untuk melibatkan peran serta orang tua murid, tokoh masyarakat, hingga lingkungan sekitar sekolah, agar ikut berpartisipasi menyukseskan program-program yang telah disusun. Adanya kerjasama rapi tersebut pada akhirnya membuat program-program KBM yang disusun memotivasi guru maupun siswa untuk lebih kreatif dalam mengembangkan pembelajaran. Siswa tak melulu diajarkan teori-teori di kelas, dan lebih banyak diajak untuk mempelajari objek pembelajaran di luar ruang. Hal itu secara alami merangsang siswa untuk kreatif dan berpikir lebih kritis daripada sekedar membaca buku.

Bukti-bukti dari kreativitas siswa dari 23 sekolah tersebut menurut Nurcholis bisa dilihat langsung di arena unjuk karya, di mana berbagai macam bentuk peralatan dipamerkan. Pihak USAID Prioritas memang sengaja menggandeng Dikpora untuk unjuk karya para siswa, selain untuk merefleksikan satu tahun kerjasama yang telah dijalin, juga sebagai media pembuktian, bahwa hasil penerapan praktik pendidikan yang baik, sebagaimana diterapkan sekolah-sekolah lain di 8 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, bisa dibanggakan.

Melihat hasil kreativitas para siswa dari 23 sekolah yang tersaji di dalam gedung SAK, Bupati Wonosobo, HA Kholiq Arif mengaku sangat kagum dan bangga. Ketika didaulat untuk mencoba langsung robot detektor logam sederhana hasil kreasi Artika dan Erlina, 2 siswi MI Muhamadiyah  Surengede Kertek, Bupati bahkan tak sungkan memuji bahwa kreativitas kedua anak tersebut luar biasa. Begitu pula ketika berkeliling meninjau satu persatu stan yang memajang hasil karya masing-masing sekolah, Bupati tak henti-hentinya melontarkan pujian terhadap beragam bentuk kreasi para pelajar. Bahkan di stan SD N 1 Bojasari Kertek, Bupati dibuat geleng-geleng kepala, karena metode perhitungan asosiatif distributif yang diperagakan oleh Wigi dan Mirda, dua pelajar kelas 6 SD, berhasil menebak dengan tepat tanggal dan bulan lahirnya.

Terhadap realitas luar biasa yang disajikan siswa-siswa kreatif itu, Bupati meminta dengan tegas agar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora), Drs One Andang Wardoyo MSi memperhatikan secara serius. Menurut Bupati, tenggat kerjasama antara Pemkab Wonosobo dengan USAID Priorotas pada 2017 mendatang harus sudah bisa membawa hasil nyata. Tak hanya sekolah jejaring USAID Prioritas saja, Bupati berharap agar seluruh sekolah SD dan SMP maupun MI dan MTs di Kabupaten Wonosobo telah menerapkan praktik pendidikan yang baik di Tahun 2017. Dikpora selaku pemangku kebijakan di bidang pendidikan dasar di Kabupaten Wonosobo diharapkan mampu mengalokasikan anggaran untuk menunjang target itu agar lebih cepat terealisasi. Dengan anggaran besar yang selama ini dialokasikan untuk sector pendidikan di Wonosobo, Bupati meyakini hal itu bisa terwujud.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top