WONOSOBOZONE - Penangkapan ikan secara berlebihan, atau biasa diistilahkan dengan overfishing yang terjadi di Waduk Wadaslintang bisa mengakibatkan ketidakseimbangan pada ekosistem perairan setempat. Demi menghindari terjadinya hal tersebut, diperlukan upaya-upaya serius dari semua pihak yang memiliki kepentingan dengan terjaganya ketersediaan sumber daya ikan. Demikian disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Wonosobo, Ir Agus Subagyo MSi, ketika membuka pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar bagi para peternak ikan air tawar se-Kecamatan Wadaslintang di Balai Benih Ikan (BBI) Waduk Wadaslintang, beberapa waktu lalu.

Di depan puluhan pembudidaya ikan air tawar yang hadir di acara pelatihan tersebut, Agus menyebut, bahwa sasaran dan realisasi pembangunan perikanan di Kabupaten Wonosobo selama Tahun 2014 memang bisa dikatakan melebihi target yang ditetapkan. Tiga sektor, yaitu telaga, waduk dan sungai, produksi ikan berada di angka 218 %, 635 % dan 89 %. Dari target sebesar 139.038 ton, produksi di ketiga sektor tersebut mencapai 727.745 ton. Hal itu di satu sisi cukup melegakan, namun bila dilihat lebih jauh, over produksi yang terjadi di waduk selayaknya disikapi secara lebih bijak. Pihaknya selaku pemangku kepentingan mengaku akan lebih mendorong budidaya ikan air tawar di perairan umum, terutama melalui optimalisasi pemanfaatan Balai Benih Ikan (BBI) Kenjer dan BBI Sidojoyo.

Dengan semakin optimalnya Balai Benih Ikan untuk mendukung produksi perikanan air tawar, diharapkan akan tersedia benih ikan berkualitas bagi masyarakat se-Wonosobo. Selain itu, upaya  produksi benih ikan nila dan lele juga akan dilakukan melalui optimalisasi hatchery skala rumah tangga (HSRT) /UPR dalam rangka mencukupi kebutuhan benih ikan. Disnakkan, menurut Agus juga terus mengupayakan untuk menyiasati kendala mahalnya pakan ikan pabrikan dengan produksi sendiri pakan ikan.

Dengan strategi tersebut, Disnakkan berharap produksi benih ikan di Kabupaten Wonosobo bisa meningkat, baik secara kuantitas maupun kualitas.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top