WONOSOBO ZONE - Mulai Kamis, 26 Februari 2015, jajaran birokrasi di lingkup Pemerintah Kabupaten Wonosobo akan mulai memberlakukan program sehari berbahasa jawa. Dalam amanat apel pagi, Rabu (25/2), Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan, Drs Karyoto menjelaskan bahwa sehari berbahasa jawa di kalangan pegawai negeri Sipil bakal dimulai pada apel pagi. Para petugas apel, mulai pembina, komandan kompi, hingga petugas pembaca doa akan mengganti bahasa Indonesia yang pada hari lain digunakan, dengan bahasa Jawa halus. Sehari berbahasa Jawa menurut Karyoto diberlakukan berdasar pada Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah, yang menghimbau agar setiap Kabupaten/ Kota bisa membudayakan kembali Bahasa Jawa di lingkup birokrasi masing-masing.
Dalam acara gladi apel pagi di halaman Sasana Adipura Kencana, Kasubbid Pengembangan dan Mutasi Pegawai, Drs Priswanto Wahyu Nugroho menjelaskan, bahwa dipilihnya hari Kamis sebagai hari berbahasa Jawa di lingkup Pemkab Wonosobo, lebih kepada karena setiap Kamis Pagi, hampir semua PNS berkumpul di Sasana Adipura Kencana untuk mengikuti apel pagi dan pengajian rutin. Dengan dimulainya program tersebut, pihaknya berharap para PNS akan lebih mampu menghargai bahasa Jawa halus dan menggunakannya dengan baik dan benar. Beberapa aba-aba yang biasa digunakan dalam apel pagi rutin,seperti Siap Grak, akan diganti dengan Siyogo Tandyo, kemudian Istirahat di tempat grak, diganti dengan Lerem Sahono Tandyo, serta lencang kanan grak diganti dengan Godhak Manengen. Aba-aba lainnya, seperti  lencang depan grak diganti dengan Godhag Mangarso, lalu Maju jalan grak diucapkan dengan Lumaksono Mangarso. Para peserta apel pun akan menjawab perintah tersebut dengan ucapan Tandyo, alias Siap.
Adanya program bahasa jawa sehari tersebut ditanggapi positif para pegawai. Eko Riyanto Setya Adi, Kasubbag Tata Usaha Kanto Kesbangpolinmas, yang bakal menjadi salah satu petugas apel pada Kamis mengaku senang dengan adanya SE Gubernur Jateng tentang berbahasa jawa halus sehari itu. Dengan memahami bahasa jawa halus yang baik, diyakini para PNS pun akan semakin mengerti budaya luhur nenek moyang, yang kini semakin dilupakan oleh generasi penerus.

Source: WonosoboKab

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top