WONOSOBO ZONE - Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Wonosobo menggelar pengobatan massal bagi lansia dan pelajar kurang mampu, Selasa, 17 Februari di Kampung Sudagaran.
Menurut koordinator kegiatan, dr.Dian Ratna, yang sehari-hari juga bekerja di RS PKU Muhammadiyah, meski rumah sakit ini baru beberapa bulan beroperasi, namun kegiatan pengobatan massal bagi masyarakat kurang mampu sudah kerap dilaksanakan. Hal ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan ikut meningkatkan derajad kesehatan masyarakat di segala usia, mulai dari anak hingga lanjut usia.
Kegiatan ini juga memberikan suatu pelayanan preventif dan kuratif pada pasien. Preventif agar keluhan pasien dapat dicegah dan kuratif untuk mengobati semaksimal mungkin setiap keluhan pasien.
Pihaknya dalam pengobatan massal ini, selain memeriksa setiap pasien dengan cara wawancara dan pemeriksaan fisik, juga memberikan konseling dan penyuluhan singkat terhadap pasien. Selain itu, pihaknya akan memberikan surat rujukan apabila pasien membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut ke puskesmas atau ke rumah sakit.
Dalam kegiatan yang menggandeng salah satu lembaga amil zakat ini, para pasien juga mendapat vitamin serta obat sementara disertai dengan komunikasi, informasi dan edukasi berupa dosis, cara minum obat, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan terapi. Tenaga paramedis yang terlibat sendiri sebanyak 8 orang dan tahun ini merupakan kali kedua kegiatan pengobatan massal dengan rata-rata penyakit yang dikeluhkan oleh sedikitnya 100 pasien yang ikut dalam pengobatan massal ini kepala pusing dan pegal-pegal. Dian berharap, kegiatan ini bisa diikuti oleh lembaga atau instansi kesehatan lain di Wonosobo, sehingga bisa ikut meningkatkan kesehatan masyarakat.
Senada hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo, RM Okie Hapsoro Binanda P, menyambut baik kegiatan pengobatan massal yang digelar mandiri oleh masyarakat. Hal ini menurutnya bisa ikut membantu program pemerintah dalam memberikan layanan kesehatan masyarakat dan ikut membantu tercapainya sasaran utama pembangunan kesehatan di Wonosobo yakni peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat, pencegahan dan penanggulangan penyakit, serta perbaikan gizi masyarakat .
Okie menambahkan, pengobatan massal gratis bagi masyarakat, juga menjadi sarana untuk mendekatkan pelayanan kesehatan masyarakat sekaligus menjadi ajang sosialisasi peningkatan kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat yang ujungnya bisa ikut mengoptimalkan kemandirian masyarakat dalam berperilaku hidup bersih dan sehat.
Terkait upaya peningkatan aksesibilitas dan kualitas pelayanan kesehatan sendiri, pihaknya sejak dua tahun terakhir, telah melaksanakan program penyediaan minimal satu pelayanan kesehatan dasar di setiap desa. Dan sampai saat ini Kabupaten Wonosobo sudah tersedia sarana kesehatan dasar berupa 201 PKD, 43 puskesmas pembantu dan 24 puskesmas dengan 7 puskesmas rawat inap. Sedangkan untuk tingkat rujukan sudah ada 1 Rumah sakit Umum Daerah dengan pelayanan spesialis yang cukup banyak dibanding dengan RSU pemerintah di sekitarnya.






0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top