WONOSOBO ZONE - "Pemimpin
sejati melayani. Melayani orang-orang. Melayani minat terbaik mereka. Dalam memimpin, mereka tidak selalu bertindak populer, dan tidak juga selalu mengesankan. Tetapi pemimpin sejati selalu dimotivasi oleh kepedulian kasih dibandingkan hasrat kejayaan pribadi dan mereka pun bersedia membayar harganya" - Eugene
B. Habecker
Memimpin yang efektif bukanlah mengenai bagaimana memerintah anak buah. Semua orang pun bisa melakukan
hal itu jika diberi kekuasaan. Memimpin yang efektif adalah
sebuah seni melayani.
Pemimpin yang memiliki banyak pengikut adalah
pemimpin yang melayani.
Menurut pakar kepemimpinan John
C. Maxwell, untuk menjadi orang besar kita harus mau menjadi yang paling
kecil dan juga pelayan bagi orang lain.
Layanilah orang lain dengan
melakukan apa yang kita minta lakukan pada orang lain. Bersedia menyingsingkan
lengan baju kita untuk bekerja. Otomatis Anda akan menjadi contoh bagi karyawan atau pengikut Anda.
Dengarkan aspirasi karyawan
Anda dan berempatilah pada mereka. Empati Anda akan menimbulkan rasa hormat mereka terhadap Anda, serta memberikan pertumbuhan pada diri Anda dan pengikut Anda.
Jadilah mentor mereka. Menjadi
mentor adalah bagaimana kita mengubah seseorang menjadi seseorang yang lebih baik lagi.
Fokuslah juga pada solusi permasalahan, bukan pada kesalahan karyawan Anda. Formulasikan rencana tindakan Anda untuk mengatasinya.
Jika
Anda ingin menjadi pemimpin pada tingkat tertinggi,
bersedialah melayani orang yang
paling rendah.
0 komentar:
Posting Komentar