ilustrasi web

WONOSOBO ZONE - Telah kita ketahui bersama bahwa banjir yang melanda Ibu Kota disetiap tahunnya dikarenakan oleh beberapa sebab. Salah satunya adalah adanya sampah yang semakin menumpuk dan meningkat sehingga membuat air meluap karena saluran air yang tersumbat.

Tumpukan sampah tersebut terjadi karena kurangnya kesadaran tiap individu akan bahayanya membuang sampah sembarangan. Meskipun telah banyak papan terpasang bertuliskan “buanglah sampah pada tempatnya” atau “jangan cemari sungai” pada beberapa sungai kurang mampu menggugah kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan.

Padahal jika keadaan ini terus dibiarkan dapat menimbulkan berbagai bahaya. Seperti peristiwa Leuwigajah yaitu peristiwa longsornya timbunan sampah yang tertumpuk pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di desa Leuwigajah, Cimahi  10 tahun silam. Tepatnya tanggal 21 Februari 2005, peristiwa itu mengubur 143 orang dan sekitar 137 rumah di Desa Batujajar Timur, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung dan dua rumah di Desa Leuwigajah, Cimahi, Provinsi Jawa Barat juga tertimbun longsoran sampah dengan ketinggian mencapai 3 meter. Selain itu, ribuan ton kubik sampah juga mengubur kebun dan lahan pertanian milik warga Kampung Pojok, Cimahi Selatan. Kejadian ini terjadi juga dipicu dengan kurang layaknya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sehingga tidak memenuhi syarat sebagai tempat pembuangan sampah dalam skala besar.

Tragedy yang terjadi pada dini hari ini menjadi sebab dicanangkannya tanggal 21 Februari sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPS). Ini dimaksudkan sebagai motivasi agar semua pihak peduli dengan masalah pengelolaan sampah karena sebenarnya dengan pemikiran yang sedikit lebih kreatif serta inovatif sampah-sampah tersebut dapat dikelola sebagai sumber daya yang bermanfaat sehingga sampah menjadi berkahbukan menjadi musibah. (RTA)

Reference: http://lutfi-fpk11.web.unair.ac.id/, http://www.antarasumbar.com/








0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top