WONOSOBO ZONE - Bupati HA Kholiq Arif kembali menerima anugerah penghargaan atas kerja kerasnya menjaga kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Wonosobo. Kholiq dinilai sukses menjaga harmonisasi antar umat beragama, sehingga berhak atas anugerah kategori Kepala Daerah yang konsisten menjunjung tinggi nilai-nilai pluralism. Penghargaan dari salah satu majalah nasional yang diterima di Jakarta pada Kamis malam (19/3) itu melengkapi prestasi sebelumnya, termasuk penghargaan berupa anugerah tokoh pluralis dari jaringan antar iman (JAI) yang diterima Bupati Kholiq pada pertengahan 2014 lalu di Jayapura.

Menanggapi penghargaan prestisius itu, Kholiq mengaku sangat apresiatif. Adanya perhatian dari berbagai pihak terhadap kondusifnya hubungan antar umat beragama di Kabupaten Wonosobo, menurut Kholiq tak lepas dari peran masyarakat sendiri, yang dengan kesadaran penuh turut berpartisipasi aktif menjaga kerukunan di sekitar kediaman mereka. Karena itu, Kholiq menyebut bahwa penghargaan itu didekasikan untuk seluruh masyarakat Wonosobo. Dengan semakin dihargainya upaya menjaga pluralisme, pria yang telah hampir 15 Tahun memimpin Wonosobo itu berharap, seluruh komponen masyarakat juga terus menjaga soliditas dan kekompakan, terutama untuk mendukung program-program pemerintah daerah, menuju kemajuan Wonosobo.

Tanggapan positif atas penghargaan bergengsi berskala nasional itu juga datang dari Kepala Bagian Humas Setda, Drs Tri Antoro MSi. Menurut Tri, konsistensi Bupati dalam menjaga harmonisasi umat beragam memang selayknya mendapat apresiasi. Menurut Tri, Bupati Wonosobo menjadi 1 di antara 38 Kepala Daerah se-Indonesia yang berhak menerima Government Award. Selain kategori kerukunan beragama, Government Award dari salah satu grup media nasional tersebut juga menilai beberapa aspek lain, seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi kreatif, ketahanan pangan, dan tata kelola pemerintahan. Penilaian dilakukan oleh juri-juri kompeten, di antaranya adalah Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Daerah, Prof Dr Ir Sudarsono.

Sebagaimana pesan Menteri Perencanaan Pembangunan dan Kepala BAPPENAS Andrinof Chaniago yang berharap penghargaan tersebut bisa memotivasi para Kepal Daerah untuk lebih meningkatkan lagi prestasi mereka, Tri juga optimis, Wonosobo akan semakin maju dalam bingkai kerukunan umat beragama yang harmonis.


wonosobokab

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top