WONOSOBO ZONE - Di Desa Kupangan, Kecamatan Sukoharjo terdapat dua anak penyandang cacat berat. Adalah Vindi Prasetyawan (15), putra pertama pasangan Ardi Suparman-Turah, dan Sariyatun (7), putri semata wayang Jumat Yuwono-Rustiati. Vindi yang akrab dengan sapaan Munir menderita cacat tidak mampu berjalan dan gangguan bicara akibat penyakit panas pada usia 1 tahun. Sementara Sariyatun, kini lumpuh total setelah penyakit serupa menyerangnya pada usia 18 bulan. Ketika ditemui Kadinsos di kediaman mereka masing-masing, baik Ardi ayah Munir, maupun Rustiati ibunda Sariyatun mengaku telah pasrah dengan kondisi anaknya, dan berharap ada pihak-pihak yang peduli akan kondisi memprihatinkan yang menimpa anak mereka.
Ardi yang hanya tamatan SMP dan kini bekerja sebagai sopir mobil pengangkut salak sebenarnya masih cukup optimis Munir bisa sembuh seperti sedia kala. Namun kondisi ekonomi keluarga, serta ketidaktahuan harus menempuh pengobatan ke mana lagi, membuat ia dan istrinya tak kuasa membawa anak sulung dari dua bersaudara itu berobat. Beberapa upaya, baik medis  maupun alternatif, diakui Ardi telah dilakukan, namun hingga kini belum menampakkan hasil seperti yang diharapkan.
Sementara, Sariyatun yang kini hanya bisa tergolek lemah di tempat tidur bahkan lebih parah. Sejak mengalami panas dan kejang pada usia 18 bulan, Sari tak bisa menggerakkan kaki dan sebagian tubuhnya. Rustiati (24), ibu Sari yang hanya tamat SD dan kini berprofesi sebagai ibu rumah tangga juga mengaku telah mengupayakan berbagai jenis pengobatan bagi anak tercintanya. Namun lagi-lagi, kondisi ekonomi keluarga menjadi alasan pengobatan bagi Sari tak bisa optimal. Kini ia dan suaminya yang bekerja sebagai buruh tani telah ikhlas dengan keadaan Sari. Hanya saja, kalau memang ada pihak-pihak yang bersedia membantu pengobatan anak tercintanya, Rusti mengaku tak keberatan, demi kesembuhan dan masa depan Sari. (apr)


wonosobokab




0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top