WONOSOBO ZONE - Telaga adalah semacam danau yang kecil dimana sinar Matahari bahkan dapat mencapai dasarnya. Telaga sering juga sekaligus dipakai sebagai nama administratif daerah yang bersangkutan.
Dieng adalah kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.
Dataran tinggi Dieng memiliki sejuta keindahan yang memukau. Selain dihiasi hijaunya pepohonan dan candi bercorak Hindu yang indah, kawasan ini juga terdapat sebuah bingkisan alam nan indah berupa telaga-telaga. Tak hanya indah nan menawan namun telaga-telaga itu menawarkan suasana keromantisan cinta sejati yang abadi.
Berikut telaga-telaga romantic tersebut:
  • Telaga Warna
kompasiana.com
 Telaga Warna Dieng memang memiliki eksotisme yang mempesona karena telaga ini memancarkan warna-warna elok yang sangat romantis. Ditambah hutan dan bukit yang masih asri mengelilingi serta udara yang segar membuat siapa saja betah berlama-lama menikmatinya. Air Telaga Warna memancarkan warna ungu, hijau, biru. Warna-warna telaga ini pun dapat berkembang lebih variasi ketika tertimpa sinar matahari karena kandungan belerang yang cukup tinggi.

  • Telaga Cebong
eljohn.media

Telaga ini bisa dibilang sebagai telaga di atas awan karena keberadaannya di sebuah desa yang dikenal sebagai desa tertinggi di kepulauan jawa dengan ketinggian 2300 m dpl.  Tepatnya di desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo Telaga cebong atau telaga anak katak ini berada. Anda bisa mendapatkan suasana romantis di Telaga ini dengan menunggangi perahu untuk menikmati jernihnya air serta ikan-ikan yang menari. Matahari terbit dari balik Bukit Sikunir menambah suasana semakin romantis.
  • Telaga Menjer
diengplateu.com


Telaga ini tidak kalah cantik dan romantisnya dari telaga-telaga lain di Dieng. Terletak di Desa Maron, Garung; sebelumnya Desa Maron dinamakan Desa Menjer, sehingga telaga ini disebut Telaga Menjer. Telaga ini tergelar luas, memiliki air yang jernih serta hawa sejuk dan dingin. Di Telaga Menjer terbilang sunyi, hanya kadang ada burung-burung yang bernyanyi di bibir telaga. Anda dapat menyewa perahu-perahu kecil untuk menjelajahi telaga.
  • Telaga Pengilon
paketwisatatourdieng.com


Air yang tenang dan jernih terhampar luas seperti kaca yang dipermukaannya akan nampak langit biru dan awan, termasuk mungkin wajah Anda bila memandangi airnya. Oleh karena itulah, telaga ini dikenal telaga cermin (Pengilondari Bahasa Jawa, kalau diartikan ke Bahasa Indonesia: cermin). Ya, Anda bisa berbagi keromantisan bersama pasangan Anda di sini. Konon, menurut mitos masyarakat sekitar, seseorang yang berhati baik akan terlihat lebih tampan atau cantik jika berkaca di air telaga, sebaliknya yang berhati buruk akan terlihat lebih buruk atau jelek. Nah, apabila Anda ingin mengetahui isi hati pasangan Anda, bisa dicoba untuk berkaca di air telaga. (apr)



0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top