WONOSOBO ZONE - Pemerintah Kabupaten Wonosobo menggelar upacara puncak peringatan HUT Satpol PP ke-65 tahun 2015 yang dibarengkan dengan peringatan Hari Pemadam Kebakaran ke-96, Senin, 16 Maret di halaman Sasana Adipura Kencana.
Wakil Bupati, Maya Rosida, yang tampil sebagai Inspektur Upacara, saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri, Tjahyo Kumolo menekankan, agar Satpol PP dalam bertugas tidak menggunakan cara-cara yang kasar beringas dan sewenang-wenang, akan tetapi lebih menggunakan cara-cara yang persuasif, humanis dan simpatik serta profesional. Hal ini menurutnya akan lebih efektif dalam pelaksanaan tugas di lapangan.
Maya juga berpesan kepada jajaran Satpol PP agar menekankan 4 hal dalam pelaksanaan tugas dilapangan yakni Polisi Pamong Praja adalah PNS dengan kemampuan dan kewenangan lebih yang tidak dimiliki PNS lain. Hal ini harus ditunjukkan dengan sikap bangga dan menjunjung tinggi kehormatan melalui kedisiplinan dan kinerja yang baik, yang mana hal ini bisa diartikan bukan senjata wibawa Satpol PP, tapi wibawa adalah senjata Satpol PP.
Hal selanjutnya menurut Maya adalah mengerahkan seluruh kemampuan, daya dan upaya dalam melaksanakan tugas membantu kepala daerah mewujudkan amanat undang-undang dalam menegakan Perda, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat. Kemudian meningkatkan profesionalisme dan humanisme dalam setiap pelaksanaan tugas, dengan terus senantiasa mendekatkan diri kepada masyarakat, membangun jejaring dan komunikasi dengan anggota Polisi Pamong Praja di seluruh Indonesia serta menjaga selalu kewaspadaan dini Satpol PP agar senantiasa siap untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat dalam situsai bencana apapun.
Jika keempat hal tersebut dilaksanakan, Maya yakin Satpol PP akan punya kinerja lebih baik dalam melayani dan mengayomi masyarakat, sesuai tema HUT Satpol PP tahun ini, yakni meningkatkan kemampuan profesionalisme dan sinergitas dalam penegakan Perda, penyelenggaraan Tibum dan Tranmas dengan mengedepankan tindakan preventif, edukatif, humanis dan tegas.
            Terkait peringatan hari Pemadam Kebakaran, Maya mengingatkan peran penting institusi pemadam kebakaran dalam pemantapan pembangunan di daerah, khususnya dalam pencegahan pencemaran asap dan penurunan emisi gas rumah kaca, serta dalam menjaga kualitas lingkungan hidup.
Tantangan institusi pemadam kebakaran saat ini adalah perubahan fisik ruang wilayah seperti bertambahnya kawasan pemukiman yang semakin padat, sehingga mengakibatkan peristiwa kebakaran cenderung semakin meningkat, sekaligus secara tekhnis berdampak pada tingkat kesulitan dalam pemadaman kebakaran serta dan penyelamatan serta meningkatnya kebutuhan manajemen penyelamatan korban.
            Maya juga mengingatkan kedua institusi, baik Satpol PP maupun Pemadam Kebakaran agar terus menngkatkan kualitas dan profesionalitas anggotanya, sehingga akan lebih memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat Wonosobo.
            Sementara itu, bertepatan dengan peringatan HUT Satuan Polisi Pamong Praja ke-65 Maya juga mengukuhkan kader siaga tramtib Kabupaten Wonosobo. Ia berharap pengukuhan ini akan berdampak positif terhadap pelaksanaan peraturan daerah, penyelesaian permasalahan ketertiban umum dan penciptaan ketentraman masyarakat, serta perlindungan masyarakat di level dasar atau desa serta kelurahan dapat diatasi serta diselesaikan cepat dan tepat, melalui win-win solution seperti musyawarah mufakat, kekeluargaan serta tenggang rasa yang mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal.
Maya juga berharap kader siaga tramtib mampu membangun komunikasi dan koordinasi yang cepat dalam menangani permasalahan ketertiban umum bersama dengan aparat di tingkat desa, kecamatan, kabupaten maupun dengan masyarakat.  
            Menurut Kepala Kantor Satpol PP Kabupaten Wonosobo, Suwondo Hartoko, kader siaga tramtib dibentuk untuk menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat di tingkat desa dan kelurahan. Mereka yang menjadi kader siaga tramtib adalah masyarakat yang dilatih untuk mencegah dan mendeteksi dini adanya gejolak dalam masyarakat atau bahaya lainnya. Mereka dapat segera melaporkan ke pihak berwajib sehingga langsung ditangani dengan cepat.
            Untuk tahun ini dikukuhkan sebanyak 135 warga sebagai kader siaga tramtib yang berasal dari 5 kecamatan, yakni Wonosobo, Kepil, Kejajar, Mojotengah dan Selomerto. Mereka akan bekerja sebagai kader siaga tramtib untuk periode tahun 2015 – 2020.


wonosobokab

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top