WONOSOBO ZONE - Kota Wonosobo yang didirikan 24 Juli 1825, memang erat kaitannya dengan agama hindu walaupun pendiriannya dilakukan jauh setelah Islam menjadi agama resmi kerajaan Mataram (Islam). Hal ini jelas dilihatkan oleh penamaan beberapa tempat seperti pegunungan Dieng yang diambil dari kata “Dang” dan “Hyang”. Yang artinya Sang Dewa. Belum lagi, di pegunungan Dieng juga terdapat lima buah candi yang dinamakan sesuai dengan nama tokoh Pandawa.

Hal tersebut diperkuat dengan adanya kelompok Candi Arjuna dan Candi Srikandi di dataran tinggi Dieng dekat Wonosobo dari abad ke-8 Masehi dan Candi Prambanan yang dihiasi dengan Arca Tri Murti yang didirikan pada tahun 856 Masehi, merupakan bukti pula adanya perkembangan Agama Hindu di Jawa Tengah. Kemungkinan juga masih banyak candi hindu lainnya di daerah tersebut.

Selain itu, Konon alasan dinamakan Wonosobo adalah terinspirasi dari cerita Mahabarata yaitu Wanaparwa dan Sabhaparwa. Sabhaparwa adalah kisah kelicikan Kaurawa yang mengalahkan Pandawa dalam permainan Dadu sehingga Yudistira dan adik-adiknya kehilangan segalanya dan terpaksa dibuang ke hutan. Sedangkan Wanaparwa adalah kelanjutan dari kisah Sabhaparwa adalah bagaimana Pandawa menjalani 12 tahun pengasingannya di dalam hutan. (apr)

nonieunic.blogspot.com

Source: sejarah.kompasiana.com, kmhd.lk.ipb.ac.id

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top