Kepala Kantor Parekraf menyerahkan bantuan kostum badut Masha kepada Pokdarwis Desa Maron

WONOSOBOZONE - Peran kelompok sadar wisata (Pokdarwis) desa di Kabupaten Wonosobo saat ini semakin terasa. Seiring kian bertumbuhnya kesadaran desa-desa untuk mengembangkan potensi wisata mereka, maka diperlukan pula peningkatan peran pokdarwis. Salah satu upaya untuk meningkatkan peran pokdarwis, dikatakan Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Agus Purnomo adalah melalui komunikasi dan tukar pengalaman secara lebih intensif. "Tidak harus ke luar daerah untuk study banding pengelolaan wisata desa, karena dengan saling bertukar pikiran antar Pokdarwis pun, saya nilai cukup efektif," jelas Agus di sela paparan mengenai Pokdarwis dan Sapta Pesona kepada 40 pengurus Pokdarwis se-Wonosobo, Rabu (16/3).

Para pengurus Pokdarwis, menurut Agus perlu membentuk forum komunikasi atau semacam paguyuban, yang nantinya akan menjadi media untuk saling berbagi ilmu. "Secara berkala, pokdarwis bisa saling bertemu dan melakukan observasi di masing-masing objek wisata, bahkan apabila memungkinkan pokdarwis yang menjadi tuan rumah pertemuan memberi fasilitas untuk menginap," lanjut Agus. Dengan menginap, Agus mengatakan para pengurus pokdarwis akan lebih leluasa untuk saling memahami apa saja kelebihan dan kekurangan objek wisata desanya. "Kami dari kantor Pafekraf juga akan berupaya untuk bisa mendampingi setiap pertemuan apabila situasi memang memungkinkan," tegas Agus.

Forum Koordinasi Pokdarwis, disebut Agus juga telah terbentuk di tingkat Provinsi Jawa Tengah. "Belum lama ini kami juga diundang untuk menghadiri salah satu pertemuannya di Kabupaten Wonogiri," terangnya. Dalam forum pertemuan tersebut, para pengurus dikatakan Agus, diberikan kesempatan untuk saling ngangsu kawruh dan diajak pula berwisata keliling desa. "Dari kehadiran para peserta saja, desa akan mendapat nilai tambah, dari menarik retribusi penginapan, sehingga secara tidak langsung memberi efek positif untuk ekonomi warganya," tambah Agus.

Bagi para pengelola Pokdarwis, imbauan Kepala Kanparekraf itu selaras dengan keinginan mereka mengupayakan peningkatan kapasitas. Anas Fauzi, dari Pokdarwis Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang menjadi salah satu yang sepakat dengan ide membentuk forum itu. "Dengan ada saling komunikasi dan bertukar informasi, maka secara bertahap tentu bakal berimbas positif terhadap kapasitas kami selaku pengelola Pomdarwis," tutur Anas. Dari pertemuan rutin pokdarwis pula, Anas meyakini sektor pariwisata di Kabupaten Wonosobo akan semakin mampu menunjukkan perannya sebagai salah satu solusi mengentaskan kemiskinan dan pengangguran.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top