Agus Subagiyo saat membuka FLS2N SLTA 2016 tingkat   Kabupaten Wonosobo 
WONOSOBOZONE - Wakil Bupati Wonoosbo, Agus Subagiyo, sangat berharap pelajar SLTA Wonosobo, tidak hanya punya prestasi lokal saja, namun harus punya prestasi nasional bahkan internasional. Hal ini ditegaskan Agus saat membuka Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2016 SLTA tingkat Kabupaten Wonosobo, Selasa, 8 Maret di Gedung Sasana Adipura Kencana.

Menurutnya, semakin banyaknya ajang semacam ini, akan lebih memacu daya kreasi dan inovasi para siswa SLTA, melalui peningkatan minat dan bakat mereka di bidang seni budaya. Dengan serius menggeluti bidang ini, dibarengkan dengan keseriusan di bidang akademis, ia optimis, bakat-bakat kreatif Wonosobo yang jumlahnya cukup banyak, akan mewarnai prestasi bangsa dan kemajuan daerah.

Ia mencontohkan salah satu alumnus SMAN 1 Wonosobo, Desnya Medeka Pertamita, yang sukses menjadi “On top of the world” atau terbaik se-dunia dalam kompetisi desain grafis SMA se dunia di Jepang, karena kecintaannya dengan bidang seni grafis. Sementara di bidang seni pertunjukkan komersil, Agus mencontohkan, Toto Anggit dan grup band komedi ACDC, yang sukses tampil sebagai juara dalam ajang pencarian bakat di televisi.

Dengan ketekunan serta keyakinan tinggi, Agus sangat yakin, para pelajar ini akan punya masa depan cerah, ditengah tantangan pesatnya teknologi informasi yang kerap memunculkan dampak negatif bagi generasi muda. Untuk itu, ia berharap jajaran instansi terkait, seperti Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, beserta para pendidik dan orangtua, bisa aktif membantu generasi muda agar lebih siap dalam menghadapi tantangan global ke depan, salah satunya dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Agus meminta agar program dialog aktif berbahasa Inggris di sekolah-sekolah lebih digalakkan, sehingga mereka bisa punya bekal cukup dalam menghadapi tantangan global tersebut, minimal dalam berkomunikasi aktif.

Kepala SMAN 1 Wonosobo, Sabar Riyanto, mengemukakan, khusus tahun ini, gelaran FLS2N dibarengkan dengan agenda pendidikan tahunan SMAN 1 Wonosobo yang bertajuk “Classic”, dengan tujuan untuk mencari duta-duta seni Wonosobo yang akan ikut seleksi di tingkat Provinsi Jawa Tengah dan nantinya mewakili Jawa Tengah di tingkat nasional.

Classic sendiri merupakan agenda tahunan SMAN 1 Wonosobo yang punya tujuan hampir sama dengan FLS2N. yakni menggali potensi seni budaya siswa sekaligus untuk mengenalkan jiwa kewirausahaan pada siswa sejak dini, yang mana merupakan bagian dari kalender pendidikan tengah semester SMAN 1 Wonosobo.


Sabar menambahkan, dalam FLS2N tahun ini, digelar 12 macam lomba, seperti baca dan cipta puisi, monolog, solo vokal, band akustik, seni kriya, tari berpasangan, lomba poster, dan pembuatan film pendek, dengan jumlah peserta sebanyak 272 siswa kelas X dan XI, dari 16 SLTA negeri dan swasta di Wonosobo. FLS2N sendiri terselenggara atas kerjasama Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Seni Budaya dengan Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo, dengan harapan tahun ini, duta seni Wonosobo bisa lebih siap dan bisa berprestasi sampai tingkat nasional, minimal sama dengan prestasi tahun sebelumnya. Tahun lalu di ajang yang sama, perwakilan Wonosobo asal SMAN 1 Wonosobo, sukses tampil sebagai juara FLS2N tingkat nasional, kategori pembuatan film pendek.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top