Ribuan Pelajar Ikuti POPDA tahun 2016

WONOSOBOZONE - Ribuan pelajar antusias ikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA Tingkat Kabupaten Wonosobo Tahun 2016, yang kembali digelar selama 5 hari, dari 15 sampai 19 Maret.

            Menurut Kepala Seksi Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Enang Basuki, selaku ketua penyelenggara, di sela-sela acara, Rabu 16 Maret, gelaran POPDA kali ini diikuti tidak kurang dari 6.000 pelajar yang berasal dari SD/MI, SMP/MTS dan SMA/SMK/MA se Kabupaten Wonosobo.
            
Kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahun ini, dilaksanakan untuk mengembangkan bakat dan prestasi pelajar di bidang olahraga dan sebagai ajang seleksi untuk mewakili Kabupaten Wonosobo ke POPDA tingkat eks-Karesidenan Kedu dan ke tingkat Provinsi Jawa Tengah.
           
Pelaksanaannya sendiri dilaksanakan dengan memperhatikan jadwal sekolah siswa, agar tidak mengganggu proses belajar mengajar, sehingga even kali ini dilaksanakan setelah ujian tengah semester dan sebelum pelaksanaan ujian nasional baik tingkat SMA, SMP maupun SD.

Selain itu, kegiatan rutin ini juga diharapkan dapat memberi kesempatan bagi pelajar mulai SD hingga SMA, untuk mengembangkan bakat, potensi dan kemampuan di bidang olahraga, sekaligus untuk memperkuat kebersamaan dan persatuan antar pelajar di Kabupaten Wonosobo dan dari even ini juga diharapkan akan menjadi cikal-bakal lahirnya atlet-atlet unggulan Kabupaten Wonosobo.

Pihaknya juga berupaya agar even seperti ini bisa dilaksanakan setiap tahun, sebab para siswa ini adalah calon atlet masa depan yang perlu even untuk berlatih dan berkompetisi sehingga ke depannya bisa menjadi atlet handal dan bisa mengharumkan nama Kabupaten Wonosobo baik di tingkat daerah, nasional bahkan internasional.

Enang menambahkan, cabang olah raga (cabor) yang dipertandingkan kali ini sebanyak 14 yang terbagi dalam 3 kategori, yakni kategori pelajar SD sederajad, SMP sederajad dan SMA sederajad.

Ke-14 cabor tersebut adalah bola voli, panahan, bulutangkis, karate, atletik, renang, sepak bola, tenis lapangan, tenis meja, sepak takraw, bola basket, pencak silat, takewondo dan karate. .

Sementara tempat yang dipakai untuk even POPDA ini menyebar di beberapa tempat, yakni alun-alun untuk cabor bola voli dan sepak takraw, lapangan Kelurahan Jlamprang untuk panahan, GOR PPIW Longkrang untuk bulu tangkis, aula A Dinas Dikbudpora untuk karate dan taekwondo, lapangan SLB B Karya Bhakti dan stadion Kalianget untuk atletik, kolam renang Mangli untuk renang, lapangan kelurahan Tawangsari untuk sepakbola, lapangan Kalianget untuk tenis, Gedung GOLKAR untuk tenis meja, serta GOR Don Bosco Karya Bhakti untuk bola basket. Wasit, juri maupun panitia pertandingan sendiri berasal dari guru olahraga yang telah memiliki kapasitas untuk memimpin pertandingan.

Khusus untuk cabor sepak bola, bola voli, sepak takraw, bola basket, pencak silat, taekwondo dan karate, baik kategori pelajar SD sederajad, SMP sederajad dan SMA sederajad, tiap juaranya akan mewakili Wonosobo di ajang POPDA tingkat Karesidenan Kedu, yang rencananya akan dilaksanakan pada 29 Maret sampai 1 April 2016 di Kabupaten Magelang. Sedang untuk cabor perorangan akan langsung ke Provinsi Jawa Tengah, yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 25 sampai 29 April 2016.


Dari hasil sementara, cabang olahraga bola voli dan sepak takraw tingkat SD selesai mementaskan seleksi, dengan hasil Kecamatan Wadaslintang sukses menempatkan juara bola voli, baik putra maupun putri, sedang sepak takraw putra diwakili Kecamatan Kaliwiro dan putri diwakili Kecamatan Wonosobo.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top