WONOSOBOZONE - Ada enam poin penting yang menjadi prioritas yang disampaikan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Kabupaten Wonosobo (Musrenbangkab), yang digelar di Ruang Mangoenkoesoemo Setda Selasa (29/03) dan dihadiri oleh jajaran Forkompinda, OPD, beberapa Anggota DPRD, ORMAS, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

  Menurut Kepala Bappeda Kabupaten Wonosobo One Andang Wardoyo, prioritas pertama adalah mengenai penanganan darurat dan kebencanaan, yang difokuskan pada  pembangunan pasar induk Wonosobo, penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), dan penanggulangan bencana. Kedua, menyasar pada infrastruktur dan Lingkungan, yang difokuskan pada peningkatan kualitas dan kuantitas jalan, jembatan, listrik dan irigasi (JALI), air besih dan sanitasi serta  pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Ketiga, penguatan ekonomi dan ketahanan pangan, yang difokuskan pada pengembangan investasi, peningkatan produksi, dan pemerataan distribusi melalui skema OVOP/ODOP, pertanian terpadu dan IKM terintegrasi.

Selanjutnya yang keempat, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, yang difokuskan pada peningkatan kualitas destinasi dan industri pariwisata serta wisata kota, untuk mendorong jumlah kunjungan wisata dan menambah lama masa tinggal (length of stay) wisatawan di Wonosobo. Kelima, melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia,  baik pada aspek khusus menyangkut SDM usia sekolah maupun usia kerja yang menyangkut peningkatan kualitas rohani dan jasmani untuk mendorong daya saing Wonosobo, seiring penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN. Serta poin keenam, tentang tata kelola pemerintahan, dengan fokus penguatan sistem penopang bagi reformasi birokrasi, termasuk data, sistem informasi, serta pemanfaatan e-government bagi layanan publik terutama di kecamatan.

Hal ini menselaraskan dengan misi dan visi Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo, yakni untuk menuju terwujudnya Wonosobo bersatu untuk maju, mandiri dan sejahtera untuk semua, melalui peningkatan rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat, peningkatan capaian kinerja dan memajukan penyelenggaraan pemerintahan, peningkatan kemandirian daerah serta peningkatan kesejahteraan dan pemerataannyaSelanjutnya, hasil Musrenbang ini akan dijadikan acuan dalam KUA PPAS untuk menetapkan RPABD Kabupaten Wonosobo tahun anggaran 2017, yang mana sebelumnya dituangkan dalam RKPD.

Menanggapi hal ini, Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, menegaskan pihaknya komit melaksanakan pembangunan di Wonosobo sesuai tema Pembangunan Wonosobo di tahun 2017, yakni pemantapan kualitas Reformasi Birokrasi untuk meningkatkan daya saing dan produksi daerah guna mempercepat penurunan angka kemiskinan, yang mana tema ini, mengacu pada tema pembangunan di tingkat Provinsi Jawa Tengah, yakni meningkatkan ketahanan pangan dan energi guna mewujudkan kemandirian wilayah dan kesejahteraan masyarakat serta selaras dengan tema secara nasional di tahun 2017 yakni memacu pembangunan infrastruktur dan ekonomi untuk meningkatkan kesempatan kerja serta mengurangi kemiskinan dan kesenjangan antar wilayah.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top