Satriyatmo saat membuka konsultasi publik

WONOSOBOZONE - Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo bersama USAID PRIORITAS menggelar konsultasi publik penyusunan rencana strategis Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru, Selasa, 8 Maret di RM Sari Rasa.

Menurut Hari Riyadi dari USAID, konsultasi publik bertujuan untuk mensosialisasikan rencana implementasi pengembangan keprofesian berkelanjutan, khususnya yang diselenggarakan secara mandiri oleh KKG dan MGMP, serta masukan dari para pemangku kepentingan pendidikan, sehingga akan muncul komitmen bersama untuk mengimplementasikan rencana implementasi pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Dijelaskan Hari, perencanaan program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru sangat diperlukan, karena keberhasilan sebuah proses pembelajaran yang imbasnya pada peningkatan kualitas pendidikan, selain karakteristik anak sendiri, yang paling signifikan adalah kualitas guru.

Guru berkualitas diantaranya memiliki kompetensi profesional atau pemahaman mata pelajaran, kompetensi pedagogik atau cara belajar mengajar aktif, kompetensi kepribadian atau punya komitmen tinggi, serta punya kompetensi sosial atau memiliki cara berkomunikasi yang baik. Untuk itu mutu guru adalah kunci untuk meningkatkan kualitas sistem pendidikan.

Adapun untuk meningkatkan mutu guru, termasuk kepala sekolah dan pengawas, bisa dilakukan dalam dua tahapan, yakni saat pra jabatan melalui proses rekruitmen calon guru yang tepat, pendidikan guru dan sertifikasi guru. Sedangkan dalam jabatan bisa dilakukan melalui cara pengembangan profesi, pendampingan dan jalur karir atau insentif.

Ia menambahkan, USAID PRIORITAS siap membantu Pemerintah Daerah dalam menerapkan PKB, melalui perencanaan untuk diseminasi program pelatihan dan pendampingan guru, berbasis gugus atau rayon serta whole-school development,  dan sesuai pendekatan Kemendikbud, program yang dilakukan termasuk pelatihan dan pendampingan dengan pendekatan ‘in-on-in’, yang dilaksanakan melalui tiga modul untuk pembelajaran aktif serta Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).

Sementara Sekretaris DIKBUDPORA, Satriyatmo, di hadapan puluhan guru, kepala sekolah, pengawas, MKKS dan kepala UPTD DIKBUDPORA Kecamatan, serta beberapa instansi terkait menekankan kualitas guru sangat penting, agar program pembangunan Kabupaten Wonosobo di bidang pendidikan bisa berjalan sukses. Menurutnya, Uji Kompetensi Guru (UKG), yang dilaksanakan semua guru di semua jenjang, bisa menjadi barometer, seberapa tinggi kualitas atau mutu mereka dalam proses pembelajaran siswa.

Dari hasil UKG yang dilaksanakan guru Wonosobo pada tahun 2015, diatas angka rata-rata provinsi, yakni 55. Meskipun diakuinya, angka ini masih cukup berat untuk memenuhi target angka 80 di tahun 2019. Rinciannya adalah, untuk rataan nilai UKG SLB, guru Wonosobo mendapat rata-rata nilai 62,85 atau tertinggi se Jawa Tengah, guru TK 57,90, guru SD 57,72, guru SMP 63,66, guru SMA 66,80 dan guru SMK 58,18.

UKG sendiri sudah jadi isu nasional, karena sulitnya meraih nilai maksimal. Di tingkat nasional, dari 3 juta guru, baru 3.800 orang yang mendapat nilai maksimal 100. Untuk itu ia berharap, dengan adanya program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru, kualitas guru di Wonosobo bisa meningkat, yang mana hal ini juga selaras dengan penekanan dari Menteri Pendidikan, terkait beberapa isu pendidikan, yang juga menjadi penjabaran dari revolusi mental.

Menurutnya, kualitas sistem pendidikan akan ditentukan oleh sebuah ekosistem pendidikan yang baik, meliputi sekolah yang kondusif, guru sebagai penyemangat, orang tua yang terlibat aktif, masyarakat yang sangat peduli, dunia usaha yang berperan aktif, organisasi profesi yang berkontribusi serta Pemerintah yang berperan optimal. Rencananya, hasil dari konsultasi publik ini, akan menjadi masukan dalam penyusunan Peraturan Bupati untuk program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru termasuk juga program penataan dan pemerataan guru.


0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top