rapat dengar pendapat bersama anggota komisi X DPR RI, Bambang Sutrisno

WONOSOBOZONE - Akses jalan menuju objek wisata di kawasan Dieng saat ini sudah waktunya dibenahi. Tak hanya jalan utama dari Wonosobo menuju Dieng yang perlu dipikirkan alternatifnya, beberapa ruas jalan di area wisata yang kini rusak pun membutuhkan perbaikan secepatnya. Hal itu, anggota Komisi X DPR RI, Bambang Sutrisno seusai rapat dengar pendapat dengan Bupati, Wabup dan jajaran pejabat Pemkab Wonosobo, di ruang perundingan Soeharto-Willem, Kamis (31/3).

"Dieng saat ini sudah masuk ke kawasan wisata prioritas Nasional bersama Borobudur, Karimunjawa, Sangiran dan Prambanan," jelas Bambang. Dengan status sebagai prioritas tersebut, Bambang menyebut sudah seharusnya Pemerintah Kabupaten Wonosobo menyambut dengan upaya nyata berupa komitmen memperbaiki infrastruktur pendukungnya. "Salah satu tujuan saya ke Wonosobo adalah untuk menyerap aspirasi mengenai apa saja yang bisa diusulkan Pemkab kepada pemerintah pusat. Selain di bidang pariwisata, mantan anggota Komisi V DPR RI periode 2009-2014 itu juga mengatakan ia menampung usulan di bidang Pendidikan, Olahraga dan kepemudaan. "Termasuk soal rencana pembangunan Gelanggang Olahraga di Wonosobo, yang saya nilai penting untuk pembibitan atlet daerah," tegas Bambang.

Menyambut upaya serap aspirasi dari anggota Komisi X terkait pentingnya infrastruktur pariwisata, Bupati Wonosobo, Eko Purnomo mengaku pihaknya memiliki komitmen kuat. "Infrastruktur di kawasan wisata, khususnya Dieng akan dipercepat pembenahannya, mengingat sektor pariwisata memang memiliki kontribusi cukup besar dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat," jelas Bupati. Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Supriyatno. Untuk tahun 2016 ini, Kadin PU mengatakan pihaknya telah mengalokasikan anggaran tak kurang dari 16 Milyar Rupiah. "5 M kami akan alokasikan untuk perbaikan jalur akses objek wisata di kawasan Dieng," beber Supriyatno.

Perbaikan akses jalan menuju kawasan wisata, dikatakan Kepala Kantor Parekraf Agus Purnomo memang sifatnya cukup mendesak. Tak di kawasan Dieng saja, Agus juga menyebut banyak objek wisata desa yang potensial untuk dikembangkan, saat ini kurang didukung infrastruktur memadai. "Contoh terbaru adalah akses jalan ke objek wisata Curug Drimas di desa Karangsari yang kini masih sangat memprihatinkan," pungkasnya.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top