salah satu peserta TU PBB tengah beraksi di halaman Gedung Adipura

WONOSOBOZONE - Lomba Tata Upacara dan Peraturan Baris Berbaris (TU PBB) tingkat Kabupaten kembali digelar. Tak kurang dari 17 sekolah berjuang demi meraih predikat sebagai terbaik pertama, dalam lomba yang digelar Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) di halaman Sasana Adipura Kencana, Rabu (23/3).

Ketua panitia penyelenggara, Enang Basuki menjelaskan, seleksi tim terbaik TUPBB Tahun 2016 ini merupakan agenda rutin tahunan. Melalui lomba yang akan digelar selama 2 hari tersebut, Enang menyebut pihaknya berharap agar generasi muda, utamanya pelajar memiliki semangat dan disiplin serta karakter kuat. "Untuk penilaian sepanjang lomba, kami menggandeng personel TNI dari Kodim 0707, agar independensi terjaga, serta memahami secara menyeluruh terkait tata upacara dan baris berbaris," jelas Enang. Unsur penilaian lomba, menurut Kepala Seksi Pendidikan Luar Sekolah Dikbudpora tersebut ada 6, meliputi unsur gerakan dasar di tempat, unsur gerakan berjalan, unsur gerakan perubahan arah, gerakan variasi, kerapian pakaian dan disiplin, dan unsur pemimpin barisan.


“Nilai maksimal dari masing-masing unsur bervariasi di kisaran 45 poin sampai 290 poin tergantung jenis dan kesulitannya,” terang Enang. Sebagai contoh, Enang menyebut unsur gerakan dasar di tempat yang nilainya berkisar antara 45 sampai 80 poin. “Untuk unsur gerakan variasi jenis berjalan dengan perubahan arah per formasi bisa sampai 290 poin maksimal, sebagaimana unsur disiplin penampilan, sikap dan ketepatan waktu,” lanjut Enang. Regu dengan akumulasi jumlah poin tertinggi, disebut Enang bakal meraih predikat sebagai yang terbaik alias juara pertama.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top