WONOSOBOZONE - Berkat laporan warga Desa Teges Wetan Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo,  Sabtu 12 Maret 2016, Aparat Polsek Kepil berhasil menggagalkan pernikahan sejenis, antara sesama laki-laki, dengan cara persuasif dan kekeluargaan.  

Dibantu oleh Kepala Desa Teges Wetan,  Hendri Puryanto, bersama perangkat desa dan beberapa tokoh masyarakat serta tokoh agama, akhirnya kedua calon mempelai berikut orang tua masing-masing menyadari kemudian mengurungkan niat untuk melangsungkan pernikahan.      

Andi Budi Sutrisno alias Andini, 27 Th,  si calon pengantin yang diasumsikan sebagai pengantin perempuan telah berpakaian pengantin putri. Bahkan orang tuanya sudah mengumumkan pernikahan anaknya kepada jamaah pengajian sejak 3 hari sebelumnya. 

Pihak keluarga Andini juga sudah memberitahukan akan menerima rombongan pengantin laki-laki yang bernama Didik Suseno dari Pituruh, Kabupaten Purworejo. Lebih parahnya lagi,  Andini dan keluarga sudah membagi - bagikan nasi kenduri kepada warga sekitar sebagai wujud syukur pernikahannya.

Di lain pihak, keluarga calon mempelai laki - laki sudah meminta surat numpang nikah (NA) dari KUA Kecamatan Pituruh serta telah mengurus berkas pernikahan di  KUA Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo. Namun  karena mengetahui bahwa calon mempelai perempuannya ternyata berjenis kelamin laki - laki, permohonan tersebut langsung ditolak. 

Surat penolakan dari KUA Kepil juga sudah disampaikan kepada pihak keluarga Suroso, orang tua Andini. Akan tetapi pihak keluarga tetap bersikeras melanjutkan rencana pernikahan. Hal itu diketahui oleh warga sekitar sehingga menolak dan melaporkannya ke Polsek Kepil. 

Anggota Polsek Kepil yang terdiri dari Kanit Reskrim Aiptu Harsono, S.H. dan 2 anggota langsung mendatangi rumah keluarga Suroso, di Dukuh Mejing Rt 04 Rw 02  Desa Teges Wetan Kecamatan Kepil Kabupaten  Wonosobo. Di lokasi, Polisi kemudian mengumpulkan Kepala Desa dan Perangkat  Desa serta tokoh masyarakat  dan tokoh agama guna memberikan penjelasan kepada calon mempelai dan keluarga untuk mengurungkan niatnya. 

Kanit Reskrim memberikan pemahamn tentang Hukum perkawinan menurut UU No. 1 tahun 1974. "Dalam undang - undang tersebut, dijelaskan, bahwa pernihakan di Indonesia harus dilakukan antara seorang laki - laki dengan seorang perempuan. Untuk satu laki - laki dengan dua perempuan atau lebih saja ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Antara laki - laki dengan laki - laki hukumnya jelas dilarang" ujar Kanit Reskrim kepada kedua calon mempelai dan keluarga.

Bahkan, diundang pula salah seorang tokoh agama yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren Al Iman Tanjunganom, K.H. Ismail. "Jadi Allah hanya menciptakan laki-laki dan perempuan. Mereka lahir sudah telas bahwa seorang laki-laki atau seorang perempuan. Tidak ada waria atau banci. Jika pada pertumbuhannya  ternyata ada waria atau banci, itu merupakan salah satu penyakit kejiwaan yang perlu disembuhkan.  Sedangkan pernikahan laki-laki dengan laki-laki atau perempuan dengan perempuan,  hukumnya adalah haram." ujarnya. " 

Allah sudah menerangkan dalam surat Al Hujurat ayat 13. 
 يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَٰكُم مِّن ذَكَرٍۢ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَٰكُمْ شُعُوبًۭا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌۭ
yang artinya Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal" lanjut K.H. Ismail.

Akhirnya setelah diberikan penjelasan, para calon mempelai dan keluarganya menyadari akan kesalahan yang telah diperbuat serta bersedia tidak melanjutkan kegiatan pernikahan tersebut. Sementara itu, calon mempelai 'perempuan' yang ditemui tribratanewswonosobo.com menyampaikan kekecewaannya. "Sedih sih mas. Namun mau bagaimana lagi. Karena memang tidak boleh menurut undang - undang dan agama, ya saya cuma bisa pasrah." ungkap Andini.



Sementara itu, Kapolsek Kepil AKP Surakhman, S.H membenarkan bahwa pihaknya memang langsung mendatangi lokasi dan menggagalkan pernikahan sejenis tersebut. "Kami menerima laporan dari masyarakat tentang rencana dilakukannya pernikahan sejenis. Karena kegiatan ini jelas melanggar hukum dan meresahkan masyarakat sekitar, Kami langsung  bertindak dan menggagalkan pernikahan tersebut" ucap Kapolsek Kepil. 

"Agar ke depan tidak lagi terjadi kejadian seperti ini, kami menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa saling peduli dan saling mengingatkan satu sama lain. Jadi, ketika ada kegiatan yang bertentangan dengan hukum, dapat dicegah dan tidak menimbulkan akibat yang fatal." himbaunya.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top