Bupati Eko Purnomo tandatangani prasasti proyek proyek

WONOSOBOZONE - Pemerintah Kabupaten Wonosobo berhasil menyelesaikan sekitar 2.650 paket kegiatan fisik, atau 92,43 % dari total 2.812 paket sepanjang Tahun 2015 lalu. Dari sisi jumlah anggaran, sejumlah 598,3 Milyar Rupiah berhasil diserap 454,78 Milyar, atau 76,02 % nya. Menurut Asisten II Sekda, Amin Suradi, masih adanya kegiatan-kegiatan yang belum bisa terealisir sebagian besar disebabkan oleh kendala aturan dan kegagalan proses lelang karena keterbatasan waktu. “Di tahun 2015 terdapat belanja langsung yang tidak bisa dilaksanakan sebanyak 180 paket kegiatan dan tersebar di 180 Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” terang Amin dalam laporan pelaksanaan peresmian kegiatan pembangunan di Gedung Baru PMI, Jalan Suparjo Rustam Andongsili, Selasa (15/3).

Lebih lanjut, Amin juga menjelaskan penyebab kegagalan pelaksanaan kegiatan mayoritas disebabkan oleh berlakunya aturan hibah dalam Undang Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. “Penyebab berikutnya adalah karena adanya kegagalan proses lelang dan waktu yang tidak mencukupi,” jelas Amin. Di tahun yang sama, menurut Amin Pemkab Wonosobo juga menerima alokasi anggaran bantuan keuangan sebesar 83,8 Milyar Rupiah untuk 278 paket, dan terbagi menjadi bantuan umum, bantuan non sarpras, dan non pendidikan, serta operasional bantuan keuangan desa. Realisasi untuk bantuan keuangan dari provinsi Jawa Tengah tersebut, menurut Amin juga hanya bisa direalisir sebesar Rp 47,5 Milyar atau hanya 54,78 %. “Realisasi fisiknya mencapai 58,09 % karena ada keterlambatan proses pengadaan barang / jasa, keterbatasan penyedia barang dan jasa, serta keterbatasan waktu pelaksanaan,” beber Amin. Meski secara umum pelaksanaan kegiatan belanja langsung dari APBD lebih baik dari tahun sebelumnya, kekurangan dalam hal capaian tersebut, menurut Amin akan menjadi bahan evaluasi untuk tahun berikutnya.


Terselesaikannya kegiatan pembangunan fisik Tahun 2015 mendapat apresiasi dari Bupati Wonosobo, Eko Purnomo. Dalam sambutannya, Eko menyebut bahwa upaya untuk terus meningkatkan capaian hasil pembangunan menjadi salah satu prioritas Pemkab ke depannya. “Semakin tinggi realisasi, jelas hal tersebut akan berimbas positif kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutur Eko. Kepada semua pihak yang telah turut berkontribusi dalam keberhasilan pembangunan di Kabupaten Wonosobo, Eko mengungkapkan rasa terimakasihnya, termasuk kepada mantan Bupati Wonosobo, mantan Wakil Bupati, jajaran legislatif hingga para penyedian jasa yang dalam kesempatan tersebut turut hadir. “Ke depan, kami berharap kerjasama semua pihak semakin sinergis dan solid sehingga program-program Pemerintah Kabupaten bisa berjalan lebih lancar dan sesuai dengan target yang ditetapkan,” pungkas Eko

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top