Kabid Dokumentasi Hukum Biro Hukum Provinsi Jateng saat   serahkan hadiah juara satu

WONOSOBOZONE - Meski gagal jadi juara, Kabupaten Wonosobo sukses menjadi tuan rumah gelaran lomba Keluarga Sadar Hukum (KADARKUM) ormas dan Tim Penggerak PKK tingkat Bakorwil II tahun 2016, yang digelar, Rabu, 23 Maret di Pendopo Kabupaten.

Keberhasilan Wonosobo menggelar event tahunan ini, datang dari Kepala BAKORWIL II Jateng, Budianto Eko Purnomo, yang ikut menyaksikan gelaran lomba dari awal sampai akhir.

Menurutnya, Wonosobo telah berhasil menjadi tuan rumah kegiatan yang dilaksanakan dengan dasar pemikiran, seiring peningkatan pemahaman akan hukum, maka yang lebih utama adalah bagaimana dan kepada siapa masyarakat akan berkonsultasi atau meminta perlindungan dalam proses hukum. Selain itu, masyarakat makin sadar betul akan kepatuhan pada peraturan dan mengerti hak-hak serta kewajibannya.

Dalam konteks ini, partisipasi dan inisiasi Tim Penggerak PKK sangat cerdas, sebab segala sesuatu permasalahan sosial, berawal dan selalu ujung-ujungnya berakibat pada keluarga, sehingga keluarga adalah kunci.

Ia menekankan, menang atau kalah tidak soal. Yang utama adalah partisipasi dan aktivasi setiap kader untuk menjadi agen perubahan, yakni berubah menjadi makin sadar aturan, sadar hukum dan sadar proses.

Namun yang terpenting, melalui lomba semacam ini, akan memberi penyadaran kepada semua pihak, pentingnya memahami secara kompehensif dan detail, semua produk hukum, terutama petunjuk teknis serta petunjuk pelaksanaannya, sehingga tidak menimbulkan konsekuensi hukum di kemudian hari. Apalagi bagi Aparatur Sipil Negara, dituntut menjadi garda terdepan dalam upaya penegakkan supremasi hukum di tengah masyarakat. Aparatur Sipil Negara, dituntut harus menjadi panutan dan teladan, sehingga pengetahuan dan pemahaman aturan hukum yang baik, jadi keharusan yang tidak terbantahkan.

Terkait hal ini, kepada seluruh peserta lomba Eko berharap, setelah selesai mengikuti lomba ini, untuk ikut menyampaikan informasi hukum kepada masyarakat. Hal ini perlu dilakukan, untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat, dan selanjutnya akan menumbuhkan pemahaman, yang akan berujung pada kesadaran masyarakat akan hukum, sekaligus untuk mendukung upaya kita bersama, dalam memerangi tindak pidana korupsi yang secara nyata merugikan kepentingan rakyat, bangsa dan negara. Dan yang terpenting, kesadaran hukum, menjadi awal dalam mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih maju, mandiri dan sejahtera.

Tampil sebagai juara, Kabupaten Kebumen disusul Kabupaten Karanganyar. Sedangkan berturut-turut, untuk juara 3,4 dan 5 diraih kabupaten Klaten, Purworejo dan Wonogiri. Sementara untuk yel-yel, Kabupaten Karanganyar tampil sebagai juara.

Untuk juara 1 dan 2 akan dikirim untuk mengikuti lomba sejenis di tingkat Provinsi Jawa Tengah, yang akan dilaksanakan pada 24 Mei 2016, dan bagi pemenang di tingkat Provinsi Jawa Tengah, akan mewakili Jawa Tengah ke tingkat nasional di Jakarta, yang diselenggarakan langsung oleh Kementerian Hukum dan HAM RI.


Bagi para pemenang lomba sendiri, selain mendapat trophy dan piagam, juga diberikan uang pembinaan, untuk juara I sebesar 5 juta rupiah, juara II 3,5 juta dan juara III mendapatkan uang pembinaan 2,5 juta rupiah. Sebelumnya, Kota Salatiga dan Kabupaten Kendal, tampil sebagai juara I dan II pada gelaran lomba KADARKUM Tingkat BAKORWIL I di Kabupaten Jepara, pada 10 Maret 2016.

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top