wonosobo zone - Kabupaten Wonosobo berhasil masuk 10 besar penilaian Indonesia Road Safety Award (IRSA) periode penilaian tahun 2014. Kepastian ini didapat saat tim penilai IRSA mengunjungi Kabupaten Wonosobo, Selasa, 17 Maret.
Menurut koordinator tim penilai IRSA, Rohmat Punadi, saat menyerahkan hasil penilaian IRSA di ruang kerja Bupati, penghargaan IRSA merupakan penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota, sebagai bentuk apresiasi terhadap pemerintah daerah yang menerapkan tata kelola keselamatan berkendara serta mendorong penerapan road safety yang semakin baik dari waktu ke waktu. Kegiatan sendiri awalnya digagas oleh salah satu perusahaan asuransi nasional, PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan RI.
IRSA kali ini merupakan gelaran kedua kalinya, sebagai bentuk komitmen untuk terus aktif meminimalisir angka kecelakaan lalulintas, terutama korban pengendara sepedamotor, sebab keselamatan berkendara menjadi tanggung jawab semua pihak. Untuk itu diperlukan kepedulian dengan bersama-sama melakukan kampanye keselamatan berkendara, karena 90% kecelakaan selama ini terjadi karena faktor manusia.
Dari 253 kota/kabupaten yang mengikuti proses seleksi, terpilih 15 kota menjadi finalis yang mengikuti tahapan penilaian berikutnya. Proses penjurian sendiri mulai dilakukan pada bulan Oktober 2014.
Hasilnya terpilih pemenang yang terdiri dari dua kelompok yakni, pemenang per pilar road safety, yang meliputi 5 pilar yakni, Manajemen Keselamatan Jalan (Safer Management), Jalan yang Berkeselamatan (Safer Road), Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle), Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan (Safer User) serta Pilar Penanganan Pasca Kecelakaan (Post-crash Response). Sedang kategori kedua yakni pemenang per kategori kota yang terdiri atas pemenang kota sedang, kota besar dan kota metropolitan.
Rohmat menambahkan, hasil seleksi awal terpilih 15 kota/kabupaten yang masuk 15 besar, yakni untuk kota sedang, yakni kota yang berpenduduk kurang dari 500 ribu jiwa, adalah Kabupaten Bangli, kabupaten Enrekang, kota Probolinggo dan Yogyakarta. Kota Besar, atau kota yang berpenduduk antara 500 ribu sampai 1 juta jiwa, yang masuk kota Balikpapan, kota Bogor, kota Jambi, kabupaten Pekalongan dan kabupaten Wonosobo. Sedangkan untuk Kota Metropolitan, atau kota yang berpenduduk lebih dari 1 juta jiwa, yang terpilih adalah Kota Bekasi, kabupaten Ciamis, kabupaten Tasikmalaya, kota Tangerang, kota Tangerang Selatan dan kabupaten Sleman.
Dari seleksi 15 kabupaten/kota tersebut, terpilih 10 kabupaten/kota yang menjadi finalis IRSA 2014, yakni untuk kota sedang terdiri dari kota Probolinggo, kota Yogyakarta dan kabupaten Bangli. Kota besar terdiri dari kota Balikpapan, kota Jambi dan kabupaten Wonosobo serta Kota Metropolitan terdiri dari kota Bekasi, kota Tangerang, kota Tangerang Selatan dan kabupaten Sleman.
Masuknya Wonosobo dalam 10 besar tidak terlepas dari hasil penilaian penjurian yang secara umum lebih tinggi dari hasil penilaian survei, terutama untuk manajemen keselamatan jalan, kendaraan yang berkeselamatan dan penanganan korban pasca kecelakaan. Dari hasil penilaian akhir, Wonosobo berhasil meraih indeks keselamatan jalan 3,01. Sayangnya Wonosobo tidak berhasil menyabet juara. Juara umum kategori kota besar diraih kota Balikpapan yang meraih nilai 3,75. Sedangkan kategori kota sedang juara umum diraih kota Probolinggo dan kategori kota metropolitan juara umum diraih kota Tangerang.
Menanggapi capaian ini, Sekretaris Daerah, Eko Sutrisno mengungkapkan, bahwa hasil ini bisa menjadi evaluasi penerapan tata kelola keselamatan di jalan dan bisa menjadi aset penting bagi pemerintah kabupaten Wonosobo. Ke depan ia berharap poin-poin penilaian bisa lebih transparan dan diperjelas sejak awal, sehingga pihak Pemerintah Kabupaten bisa mempersiapkan diri, termasuk berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti Kepolisian dan Dinas Perhubungan. 



0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top