WONOSOBO ZONE - Saat hari raya nyepi tiba kita sering mendengar kata atau ucapan yang berbunyi “Om Swastiastu” namun selama ini banyak yang belum mengerti apa makna di balik ungkapan tersebut. Agar tidak bertanya-tanya lagi, berikut penjelasannya :
Om Swastiastu adalah salam yang kita ucapkan bila bertemu dengan orang lain, sapaan sekalugus doa untuk lawan bicara agar orang tersebut selalu diberkahi oleh TuhanYang Maha Esa.Salam umat Hindu ini sekarang telah menjadi salam resmi dalam pertemuan pertemuan resmi.

OM adalah aksara suci untuk Sang Hyang Widhi. Istilah Om ini merupakan istilah sakral sebagai sebutan atau seruan pada Tuhan Yang Mahaesa. Om adalah seruan yang tertua kepada Tuhan dalam Hindu. Setelah zaman Puranalah Tuhan Yang Mahaesa itu diseru dengan ribuan nama. Kata Om sebagai seruan suci kepada Tuhan yang memiliki tiga fungsi kemahakuasaan Tuhan. Tiga fungsi itu adalah, mencipta, memelihara dan mengakhiri segala ciptaan-Nya di alam ini. Mengucapkan Om itu artinya seruan untuk memanjatkan doa atau puja dan puji pada Tuhan.

Kata Swastiastu terdiri dari kata-kata Sansekerta: SU + ASTI + ASTU, Su artinya baik,

Asti artinya adalah, Su+Asti=Swasti.

Setelah mengucapkan Om dilanjutkan dengan kata swasti. Dalam bahasa Sansekerta kata swasti artinya selamat atau bahagia, sejahtera. Dari kata inilah muncul istilah swastika, simbol agama Hindu yang universal. Kata swastika itu bermakna sebagai keadaan yang bahagia atau keselamatan yang langgeng sebagai tujuan beragama Hindu. Lambang swastika itu sebagai visualisasi dari dinamika kehidupan alam semesta yang memberikan kebahagiaan yang langgeng.

Astu artinya mudah-mudahan atau semoga. Kata astu sebagai penutup ucapan Swastiastu itu berarti semoga. Jadi arti keseluruhan OM SWASTIASTU adalah 
“Semoga ada dalam keadaan baik atas karunia Hyang Widhi”.

generalknowledge13.blogspot.com

kumpulanartikelhindu.blogspot.com

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top