WONOSOBO ZONE - Kwartir Cabang (Kwarcab) Wonosobo menggelar Pesta Siaga Tahun 2015. Diikuti tak kurang dari 600 pramuka siaga dari 15 Kwartir Ranting (Kwarran), gelaran pesta siaga di alun-alun Kota, Kamis (19/3) tersebut mengambil tema Pramuka Rajin Terampil dan Gembira.  Wakil ketua panitia Kwarcab, Drs Enang Basuki menjelaskan, tema itu dipilih demi terbentuknya watak dan karakter tangguh pramuka Wonosobo, berlandaskan akhlak dan budi pekerti luhur. Diharapkan, dengan memiliki karakter yang tangguh dan kuat, mereka yang notabene merupakan generasi penerus bangsa mampu menunjukkan peran positif, bertanggung jawab dan tidak terbawa arus negatif perkembangan teknologi informasi.

Selain itu, Enang juga menyebut bahwa penyelenggaraan pesta siaga yang diikuti 40 barung putra-putri dari 15 kwartir ranting itu, juga akan menjadi media seleksi untuk memilih wakil Wonosobo dalam pesta siaga wilayah Kedu. “Dua barung terbaik putra-putri  hasil seleksi Kwarcab bakal dikirim ke Kota Magelang, tuan rumah pesta siaga Korwil Kedu pada 28 Maret mendatang”, jelas Enang. Beberapa jenis lomba yang bakal diikuti setiap barung, diuraikan Enang meliputi keterampilan tali-temali, sandi siaga, baris berbaris, pengetahuan umum kepramukaan, toleransi umat beragama, bakti masyarakat kebersihan lingkungan, serta pentas kesenian. Berbagai lomba itu, diharapkan Enang bisa diikuti secara serius para peserta siaga, agar nantinya benar-benar terpilih barung yang representatif dari Wonosobo di Pesta Siaga Wilayah Kedu.

Selaras dengan Enang, Penasehat Kwarcab Drs Amin Suradi MSi juga mengungkapkan harapan, para peserta pesta siaga kelak mampu tumbuh sebagai generasi yang lebih baik dan bertanggung jawab. Hal itu menurut Amin, sesuai dengan tugas pokok gerakan Pramuka, yaitu menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda agar mampu tumbuh dan mengisi kemerdekaan dengan penuh tanggung jawab. Melalui kegiatan kepramukaan, generasi muda menurut Amin juga dituntut untuk dapat menegakkan kedisiplinan, tekun, berani menyampaikan pemikiran dan  pandangannya serta menjunjung tinggi nilai-nilai kebajikan.

Dengan mengikuti pesta siaga selama sehari tersebut, Amin berharap tujuan-tujuan mulia itu dapat dicapai. Tak kalah penting, Amin juga menyebut bahwa dengan mengikuti  beragam kegiatan positif selama pesta siaga, para pramuka usia sekolah dasar tersebut memahami bahwa dunia mereka tak sebatas permainan modern nan canggih yang kini cenderung kurang mendidik dan bahkan berdampak negatif terhadap tumbuh kembang mereka. Di pesta siaga, para peserta diberikan kebebasan mengekspresikan potensi seni mereka melalui ajang lomba pentas kesenian tradisional, sehingga secara tidak langsung mereka akan menyadari bahwa kekayaan budaya dan tradisi warisan nenek moyang memiliki nilai sejarah, serta mengajarkan keluhuran budi pekerti.


wonosobokab

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top