WONOSOBO ZONE - Sekitar 15 calon pelatih surveyor mendatangi Puskesmas Wonosobo I (Selasa 17/3) dengan dipimpin langsung oleh Dirjen BUK sendiri, Prof. Dr. Dr. Akmal Taher, SpU(K). Beliau mengaku sengaja meluangkan waktunya untuk hadir dalam acara pelatihan lapangan tersebut demi melihat kondisi riil Puskesmas Wonosobo I. Selain memberi dorongan dan motivasi kepada para peserta, mantan Direktur RS Cipto Mangunkusumo itu juga hadir untuk meninjau pelayanan kesehatan beserta tata kelola manajemen Puskesmas Wonosobo I. Di sela peninjauan, Akmal mengakui bahwa dari sisi fisik dan kelengkapan sumber daya manusia (SDM), Puskesmas Wonosobo I sangat layak mendapat status terakreditasi. Kelengkapan peralatan medis penunjang pelayanan juga mendapat apresiasi. Bahkan menurut Akmal, baik UKM (upaya kesehatan masyarakat ) maupun UKP (upaya kesehatan perorangan) di Wonosobo I layak menjadi contoh bagi Puskesmas  lain di Indonesia. “Puskesmas Wonosobo I bisa menjadi salah satu contoh nyata yang membuktikan UKM dan UKP bisa berjalan beriringan, demi tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik”, jelas Akmal.
Pihak Direktorat Jenderal BUK sendiri, dikatakan Akmal sengaja mengirim para peserta pelatihan calon pelatih surveyor tersebut ke Wonosobo, agar mereka mendapat gambaran komprehensif mengenai bentuk Puskesmas yang sesuai Permenkes 75/2014. Ia berharap, dengan pengamatan langsung serta tatap muka dan tanya jawab dengan jajaran manajemen Puskesmas Wonosobo I, calon-calon pelatih surveyor yang akan menentukan nasib 5.600 Puskesmas dalam 4 Tahun ke depan benar-benar mampu mendapat pemahaman secara utuh, sehingga kelak bisa ditularkan kepada para surveyor Nasional.  Bagi Wonosobo I sendiri, Akmal berharap agar status terkareditasi yang disandang tak lantas mengendurkan semangat untuk melayani. “Justru harus semakin terpacu untuk terus meningkatkan pola layanan agar lebih cepat, akurat serta makin dekat dengan masyarakat”, harap Akmal.
Kehadiran Dirjen BUK dengan para peserta pelatihan calon pelatih Surveyor Puskesmas Nasional tersebut, selain mendapat sambutan hangat dari jajaran pegawai Puskemas Wonosobo I, juga disyukuri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo, dr RM Okie Hapsoro MKes. Dengan adanya tinjauan langsung jajaran Direktorat Jenderal BUK Kemenkes RI, Okie meyakini kualitas pelayanan kesehatan di Wonosobo I akan semakin meningkat sesuai harapan dan standard yang ditetapkan. Selain Wonosobo I, Okie menjelaskan bahwa para peserta yang akan berada di Wonosobo selama 3 hari, juga melakukan kajian lapangan di Puskesmas Selomerto. “Status Puskesmas Selomerto juga telah terakreditasi bersama Puskesmas Garung dan Mojotengah,  hanya  saja, tingkatan akreditasi masih berada di bawah Wonosobo I”, jelas Okie. (apr)

salah satu peserta surveyor menanyakan prosedur pelayanan di puskesmas wonosobo 1

wonosobokab

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top