WONOSOBO ZONE - Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Wonosobo, Ir Agus Subagyo MSc meminta para petani lebih serius mengupayakan peningkatan produksi hasil pertanian. Selain dengan praktek pertanian modern berdasar arahan dari para penyuluh lapangan, para petani yang tergabung dalam kelompok-kelompok juga diharapkan mampu memanfaatkan fasilitas pinjaman bersubsidi dari lembaga perbankan. Dengan bertambahnya modal untuk memperluas lahan dan menambah jumlah benih yang ditanam, Agus meyakini produksi hasil pertanian di Kabupaten Wonosobo akan semakin meningkat. “Meningkatnya kuantitas maupun kualitas hasil pertanian tentu akan menguatkan ketahanan pangan masyarakat Wonosobo”, jelas Agus di depan 20 petani Desa Mangunrejo, Kecamatan Kalikajar, Kamis (19/3).
Pinjaman bersubsidi yang dimaksud Agus adalah fasilitas kredit ketahanan pangan dan energy (KKPE) yang digulirkan pemerintah pusat melalui lembaga perbankan nasional. KKPE, selain mudah diakses, juga merupakan pinjaman dengan bunga murah karena adanya subsidi dari pemerintah. Para petani yang sudah menjadi anggota kelompok dapat mengajukan pinjaman di bank yang ditunjuk pemerintah, dengan memenuhi persyaratan adiminstratifnya. Pihaknya selaku pimpinan dari HKTI akan mengupayakan pendampingan dan membantu kesulitan dalam pemenuhan persyaratan administratif tersebut. Bersama para petugas penyuluh lapangan, Agus yang juga mantan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten tersebut mengaku senantiasa siap bila sewaktu-waktu petani membutuhkan kehadirannya, terutama untuk kepentingan peningkatan produksi pertanian mereka. “Para petani cukup telpon atau SMS saja untuk mengundang saya”, tegas Agus.
Arahan Agus Subagyo tersebut seperti gayung bersambut bagi para petani desa Mangunrejo. Menurut Ahmad Sukirun, Ketua kelompok tani mangunan, yang sekaligus menjadi tuan rumah dalam pertemuan tersebut, anggota kelompoknya memang belum paham adanya KKPE. Selama ini, untuk pemenuhan kebutuhan bibit maupun pupuk, mereka mengandalkan dana terbatas, baik dari kocek pribadi maupun kas kelompok. Namun seiring dengan semakin berkurangnya luasan lahan pertanian, serta mahalnya harga pupuk, para petani pun menjadi semakin terjepit. Ahmad berharap, setelah adanya pertemuan dengan Ketua HKTI, upaya meningkatkan produksi pertanian melalui akses KKPE bisa diwujudkan.


wonosobokab

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top