WONOSOBOZONE – Dalam membangun sebuah daerah perlu adanya sebuah program sebagai suatu perencanaan dalam memajukan sebuah daerah menjadi lebih baik.
Rabu (25/3) Pemerintah Wonosobo menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang dipimpin langsung oleh HA Kholiq Arif selaku Bupati Wonosobo. Dari Musrenbang tersebut menghasilkan 7 buah program prioritas untuk dilaksanakan tahun mendatang.
Berikut 7 program prioritas tersebut :
  • ·         Mempercepat pengurangan kemiskinan dan penganguran
           Masih menjadi Kabupaten termiskin 2013 lalu, Bupati Wonosobo menegaskan, baik dari unsur eksekutif, legislatif, hingga perwakilan organisasi kemasyarakat yang turut dalam forum tersebut agar memahami fokus dan program prioritas yang disepakati.
  • ·         Peningkatan potensi daerah serta peningkatan daya saing daerah
Melalui optimalisasi sumber daya berbasis potensi kewilayahan diharapkan dapat membuat nilai potensi dan daya saing daerah meningkat.
  • ·         Peningkatan kualitas hidup masyarakat
Dengan meningkatkan kualitas dan jangkauan layanan dasar masyarakat maka kualitas hidup masyarakat pun juga dapat meningkat.
  • ·         Peningkatan aksesibilitas
Peningkatan ini dapat melalui peningkatan infrastruktur. Karena menurut Bupati Wonosobo Jalan Kabupaten, jalan antar desa, air bersih, sanitasi lingkungan serta infrastruktur kawasan pedesaan dan perbatasan adalah sebagai objek infrastruktur penting yang harus segera dibenahi.
  • ·         Pelestarian lingkungan hidup
Ini bertujuan untuk menguatkan daya dukung lingkungan terhadap kelestarian alam, dengan meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat untuk mengurangi potensi ancaman bencana.
  • ·         Optimalisasi proses reformasi birokrasi
Optimalisasi dilakukan dengan meningkatkan kualitas penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik, dan peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan desa.
  • ·         Pemberdayaan masyarakat.
 Ketujuh program prioritas yang akan menjadi fokus pembangunan Kabupaten Wonosobo di Tahun 2016 tersebut ditanggapi positif oleh Kepala seksi statistik, data dan infrastruktur Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Eko Sri Darminto SH. Mengatakan agar terwujud sinkronisasi antara program pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten, sasaran prioritas yang telah ditetapkan dalam Musrenbang RKPD wajib dipahami dan direalisasikan sesuai kesepakatan semua peserta.
Harapan Eko itu selaras dengan tujuan Bappeda Kabupaten Wonosobo menggelar Musrenbang. Menurut Kepala Bappeda, Drs Amin Suradi MSi, forum Musrenbang memang digelar untuk menyatukan visi dan misi, serta menjadikannya sebagai acuan kerja setiap SKPD di Tahun 2016. (apr)





wonosobokab




0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top