WONOSOBO ZONE - Kantor Imigrasi Kelas II Wonosobo mengantisipasi berkembangnya paham ISIS di Indonesia, terutama di wilayah Kedu dengan memperketat pengajuan permohonan paspor RI dengan tujuan Timur Tengah. Pihak petugas juga melakukan wawancara dan memperketat pemeriksaan terhadap pemohon paspor.
 
“Kami melakukan proses wawancara terhadap pemohon paspor, pihaknya lebih mendalami maksud dan tujuan mereka dalam mengajukan paspor. Jangan sampai nanti paspor tersebut disalahgunakan,” ujar Kepala Seksi Lalintuskim Kantor Imigrasi Kelas II Wonosobo, Agus Susdamajanto dalam keterangan tertulis, Jumat (27/3/2015).

Dia juga menjelaskan, untuk warga yang akan umroh, pihaknya meminta kepada pemohon paspor untuk melampirkan rekomendasi serta jaminan dari pihak penyelenggara umroh/biro umroh.

Sedangkan untuk tujuan haji, pihaknya berkoordinasi dengan pihak Kementrian Agama (Kemenag) di masing- masing Kabupaten/ Kota.

"Semua calon jamaah haji dalam proses penerbitan paspor didampingi oleh pihak Kemenag masing-masing Kabupaten. Hal ini telah menjadi agenda tahunan sejak tahun 2007 lalu," terangnya.

Sejauh ini, Kantor Imigrasi Wonosobo sudah mulai memproses sejak 30 Maret 2015 kemarin hingga 21 April 2015 mendatang untuk penerbitan paspor bagi calon jamaah haji di sejumlah wilayah Kedu. Yakni untuk wilayah Kabupaten Wonosobo, Temanggung, Magelang, Purworejo, Banjarnegara, dan Kota Magelang.

Sesuai dengan sistem pelayanan Kantor Imigrasi Wonosobo, yaitu OSS (One Stop Service), semua permohonan paspor yang telah dinyatakan lengkap dalam hal berkas langsung dilayani hari itu juga hingga proses wawancara dan foto paspor.

“Sampai saat ini, Kabupaten Banjarnegara menempati urutan pertama dengan jumlah pemohon paspor calon jamaah haji terbanyak, yakni 950 jamaah. Disusul Kabupaten Magelang sebanyak 900 jamaah. Kota Magelang berada di urutan terakhir dengan jumlah jamaah sebanyak 170 orang,” jelasnya.

Adapun, sejumlah wilayah mulai melakukan tindakan preventif terkait denga merebaknya isu ISIS. Di Kabupaten Magelang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat aktif melakukan pengawasan dan pemetaan wilayah rawan penyebaran.

“Kami aktif mensosialisasikan agar warga tidak terpengaruh paham ISIS,” kata Plt Sekda Kabupaten Magelang, Agung Trijaya.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo menyebut, latar belakang ekonomi dan kemiskinan membuat warga cenderung terbujuk untuk ikut ISIS. Dia menjelaskan, tidak sedikit WNI yang diduga tergiur karena tawaran materi melimpah dari kelompok radikal tersebut.

"Biasanya mereka tergiur karena mau diajak piknik, umroh gratis, kerja dibayar mahal, walaupaun benar atau tidaknya kerjanya apa kan kita engga tahu. Inilah yang kemudian kita edukasi," kata Ganjar

Sejauh ini, paparnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) sudah melakukan pengawasan di sejumlah titik-titik tertentu yang diduga rawan tersusupi ideologi ISIS. Namun, Ganjar enggan menyebut titik-titik rawan wilayah tersebut.

Dia juga menyebut, Pemrprov telah memiliki peta kemiskinan di seluruh wilayah Jawa Tengah. “Setiap daerah yang memiliki angka kemiskinan tertinggi, Kabupaten Wonosobo misalnya, maka akan kita pantau. Termasuk masalah ideologisnya, juga kita pantau," tandasnya. (tribunjogja.com)
 
www.nbcnews.com
jogja.tribunnews.com

0 komentar:

Eatbox Kitchen Wonosobo

Eatbox Kitchen Wonosobo
Jl. T. Jogonegoro, Funbox Resto Cafe, Lt.2
 
wonosobozone.com © 2015. All Rights Reserved.
Top